Pokemon Diamond & Pearl

Permainan – Pokemon Diamond & PearlPopGame – Inilah game pertama yang saya mainkan di Nintendo DS. Game yang ber-genre RPG (Role Playing Game) ini menuntut kita untuk menangkap semua monster di dunia Pokemon.

Yap, siapa sih yang tidak tahu Pokemon… Game yang pertamanya dibuat untuk konsol GameBoy monokrom, kini berkembang dengan sangat wah di Nintendo DS.

Pokemon Diamond & Pearl box

Pokemon Diamond & Pearl box [sumber: img.pokemondb.net]

Game Pokemon Diamond & Pearl merupakan seri generasi ke-4 dari franchise Pokemon. Sekedar info, franchise Pokemon generasi pertama (GameBoy monokrom) bernama Pokemon Red, Blue, Green, Yellow. Generasi ke-2 (GameBoy Color) bernama Pokemon Gold, Silver, Crystal. Generasi ke-3 (GameBoy Advance) bernama Pokemon Ruby, Sapphire, Emerald.

Nah, di game ini, tujuan utama kita adalah menangkap semua pokemon, dan pada generasi ke-4 ini, jumlah pokemon yang ditambahkan adalah 107 jenis! Itu berlaku sampai kita mendapatkan National PokeDex, yang memiliki jumlah Pokemon keseluruhan 493 jenis!!!

Hehehe… Jangan pesimis dulu. Di sini, selain menangkap pokemon dengan cara biasa (mencari di dalam game), ada juga cara spesial, yaitu dengan bertukar pokemon lewat Wi-Fi! Jadi kita bisa saling tukaran pokemon dengan teman.

Dan di setiap serinya, ada pokemon utama yang wajib ditangkap. Di Pokemon Diamond, kita harus menangkap pokemon legendaris bernama Dialga. Dan di Pokemon Pearl, kita harus menangkap pokemon legendaris bernama Palkia. Menangkap mereka susah loh, saya saja menghabiskan waktu sampai 1 jam buat menangkap mereka…

Memang itu saja? Tidak, ada banyak sekali fitur yang ada di game ini. Dan yang terpenting adalah, menjadi seorang Pokemon Master! Caraya, dengan mengalahkan ke-8 Gym (tempat untuk bertanding pokemon) yang dipimpin oleh Gym-Leader. Nah, setiap kita mengalahkan 1 gym, maka sang gym-leader akan memberikan kita sebuah lencana, dan inilah yang kita butuhkan untuk sampai ke Liga Pokemon.

Nah, di liga pokemon inilah kita dilatih keterampilannya bermain pokemon. jika sudah mengalahkan 4 orang bernama Elite 4 & 1 Champion, maka kita dinobatkan sebagai Pokemon Master!

Nah, untuk penilaian, inilah hasilnya menurut saya:

  • Gameplay : 8/10 (sangat menantang, secara umum membuat adiktif)
  • Cerita : 7/10 (ceritanya standar, dengan penambahan sedikit detil pokemon legendaris)
  • Suara : 8/10 (beda tempat, maka beda musik yang dimainkan)
  • Grafis : 9/10 (sangat beda dari versi generasi sebelumnya–ya iyalah…)
  • Kesimpulan : 8/10 (layak dimainkan)

Beberapa gambar:

GameData:

  • Tanggal rilis: 22 April 2007
  • Kategori: E-Everyone
  • Jenis: RPG
  • Penerbit: Nintendo
  • Pengembang: Game Freak
  • Pemain: 1-8 orang

Salam – Agung Rangga

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s