Curhat

Isu ‘Pemanasan Global’, Tak Terdengar Lagi Gaungnya

Isu ‘Pemanasan Global’, Tak Terdengar Lagi Gaungnya

Curhat – Isu ‘Pemanasan Global’, Tak Terdengar Lagi Gaungnya. Isu lingkungan yang kini sedang dihadapi oleh masyarakat dunia–termasuk Indonesia, tidak lain sama, pemanasan global. Baik, mungkin belakangan ini, permasalahan tentang pemanasan global mulai agak jarang dibicarakan lagi. Sepertinya karena semuanya masih berkonsentrasi dengan permasalahan lainnya, seperti politik, keuangan, dan sejenisnya.

Hmmph… Apa mereka gak tahu ya kalau permasalahan pemanasan global ini masih belum sama sekali selesai! Huah! Ingin sekali saya berteriak di depan gedung DPR, “Halo, para petinggi negeri ini, adakah di antara kalian yang masih peduli dan sadar akan lingkungan???”. [eh, kenapa harus di depan gedung DPR ya?]

Ya, mungkin memang permasalahan seperti politik, ekonomi, dan sebagainya sangat penting. Namun, bukankah permasalahan lingkungan juga patut untuk disoroti juga? ‘Kan masalah lingkungan merupakan masalah yang tak hanya dialami oleh Indonesia saja, melainkan seluruh negara di dunia! Dan, kalau masalah lingkungan ini tak diselesaikan–atau setidaknya ditinjau lagi, maka pertaruhannya bukan main-main, yaitu masa depan kehidupan di bumi!!! [ada bunyi musik horornya…]

Ya, masa depan kehidupan di bumi, kita sendiri lah yang menentukannya! Apa kamu mau, kalau nanti, 20-50 tahun lagi, kamu atau anak-cucumu tak lagi melihat bumi, dunia yang sama seperti yang kamu lihat saat ini? Tidak mau ‘kan? [kecuali kamu orang yang sangat kejam…]

Nah, itulah sebabnya bahwa permasalahan lingkungan–terutama yang namanya pemanasan global/global warming–ini patut untuk kita selesaikan. Ya, saya tahu, kesadaran akan lingkungan yang baik sangat rendah di Indonesia, bahkan terutama pada mereka yang tinggal di perkotaan.

Kenapa? Karena, hidup mereka seakan-akan tak lagi memerlukan sesuatu yang bersifat ‘alami’. Semuanya serba ‘canggih’, serba ‘modern’, dan serba-serbi yang ‘wah’ lainnya. Dan, tak bisa dipungkiri, dengan keadaan yang seperti itu, maka kesadaran mereka akan lingkungan sekitar yang makin memburuk pun sedikit-sedikit mulai berkurang. Belum lagi, makin banyaknya pabrik-pabrik penghasil ‘limbah’ bermunculan di mana-mana. Wow! Seakan-akan perkotaan merupakan sebuah pabrik besar penghasil limbah-limbah di dunia!

Gak percaya? Coba saja, bagi kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, sangat mudah untuk menemukan beberapa pabrik yang sering menghasilkan limbah udara, polusi. Nah, ini lah salah satu yang menyebabkan masalah pemanasan global malah makin menjadi-jadi!

Oke, sudah saatnya mereka, para petinggi negara, berhenti dulu sejenak, sehari saja, untuk mulai membicarakan permasalahan pemanasan global ini. Tak hanya membicarakannya, mereka harus sesegera mungkin menemukan penyelesaiannya! Jangan hanya duduk bermalas-malasan saat sidang, atau bergosip ria di dalam gedung mewah kalian! Hei, kalian para petinggi rakyat harus mulai memikirkan hal ini! Kalian juga ingin hidup di dunia yang baik, nyaman, dan aman untuk ditinggali bukan??? Ayo kita sebarkan kesadaran lingkungan pada setiap individu di Indonesia, bahkan di dunia! Dan, mulailah dari dirimu sendiri!

~Ciptakan sebuah dunia yang baru, “Green World”~

Salam – Agung Rangga

Iklan

0 comments on “Isu ‘Pemanasan Global’, Tak Terdengar Lagi Gaungnya

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: