Sampah di Bumi, Sampai Kapan Akan Terus Ada?

Curhat – Sampah di Bumi, Sampai Kapan Akan Terus Ada? Bagaimana ya kalau seandainya bumi yang indah ini penuh tertutupi oleh sampah? Dan, akan dibawa ke mana sampah-sampah tersebut? ‘Black Hole’??? Halo, selamat menikmati hari Minggu yang cerah ini. Namun, apakah bumi juga secerah wajahmu pagi ini? Dan mengapa kali ini saya mengangkat tema ‘sampah’?

Hmm… Bicara mengenai sampah, pasti yang ada di benakmu sekarang yaitu sesuatu yang jorok, menjijikan, bau, dan sebagainya. Ya, saya tau, hal itu memang benar adanya. Dan, tak bisa dipungkiri, kita sendiri lah yang menciptakan ‘sampah’ itu. Hah?! Iya, apakah selama ini kamu gak sadar???

Bungkus makanan ringan yang kamu buang di jalan, bekas permen karet yang telah dikunyah yang kamu tempel di bawah meja, sampai sisa-sisa kebutuhan rumah tangga yang setiap hari dan setiap waktu selalu menghiasi tempat sampah di depan rumah! Wow, kalau dihitung-hitung, banyak juga ya sampah yang kita hasilkan setiap saat. Dan, apakah kalau hal itu terus-menerus kita lakukan, sampah akan bertambah banyak? Dan, mau dibawa kemana sampah-sampah tersebut?

Ya, mungkin sampah dari rumah tangga akan dibawa oleh truk sampah ke ‘Tempat Penampungan Akhir’ (TPA). Tapi, di sini letak permasalahan yang sesungguhnya, akan dibawa kemana lagi sampah-sampah tersebut setelah sampai di TPA??? Atau lebih tepatnya, akan diapakan sampah-sampah tersebut di TPA?

Ya, jujur, saya sendiri belum pernah satu kali pun pergi ke tempat yang seperti itu. Dan, yang saya tahu, yang namanya “Tempat Penampungan Akhir”, pasti merupakan tempat terakhir dimana sampah-sampah tersebut dibuang. Lho? Lalu, sampahnya didiamkan begitu saja ya di sana? Bagaimana ya suasana di TPA? Apakah kotor, jorok, dan bau sekali? Bagaimana kalau sampah-sampah terus bertambah, dan TPA-nya sudah penuh? Apa mau bikin TPA lagi?

Dan pertanyaan finalnya adalah : “Bagaimana kalau sudah tidak ada lagi tempat di bumi ini yang bisa dijadikan sebagai TPA???” HUAAAAAA!!! Hmm… Mungkin notes ini terlihat cukup berlebihan ya… Ya, tapi itulah pendapat saya akan ‘sampah’. Dan, bagaimana tanggapanmu sendiri tentang ‘sampah’? Kira-kira, kapan ya ‘sampah’ di bumi akan habis???

~Ciptakan sebuah dunia yang baru, “Green World”~

Salam – Agung Rangga

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s