Besok, Hari Terakhir Belajar Bersama

Sekolah – Besok, Hari Terakhir Belajar Bersama. Hmph… Sangat berat berpisah dengan kelas yang telah saya tinggali selama 1 tahun ini. Semua kenangan akan kelas XI yang indah, saya dapatkan di kelas penuh keceriaan ini. Halo, selamat siang. Maaf, kemarin saya gak bikin notes karena saya bingung mau nulis apa. Dan sekarang, saya akan menceritakan mengapa saya tidak mau berpisah dengan teman-teman saya di kelas XI IPA 4 ini.

Ya, setahun yang lalu (bulan Juli tepatnya), saya masuk ke kelas penuh kehangatan ini. Dimana, keadaan kelas ini sangat berbeda dengan kelasku yang dulu, saat saya masih berada di kelas X.

* * * * *

Wajah-wajah asing, hanya sedikit yang saya kenal. Saat pertama masuk ke kelas itu, saya sangat takut, apakah saya akan diperlakukan dengan hal yang sama pas saya kelas X lalu. Ya, saya sangat membenci kelas X, saya memiliki kenangan buruk di kelas itu. Sedikit gambaran, kelas X saya dulu sangat tidak mengenakan. Ya, mungkin ini berdasarkan sudut pandang saya yang agak negatif, tapi, hal ini memang benar! Mungkin kamu tidak tahu, bahwa saya merupakan anak yang sangat sulit untuk bergaul. Mengobrol dengan teman sebangku pun jarang, apalagi memiliki teman yang benar-benar ‘teman’.

Dan karena sifat saya yang pemalu tersebut, saya sering diisengi oleh teman-teman sekelas saya. Ada seperti satu ‘geng’ yang beranggotakan anak-anak ‘badung’ di kelas saya. Dan malangnya, saya selalu jadi bahan ledekan mereka. Apalagi pas pelajaran olahraga, wih, bisa diejek habis-habisan dengan mereka! Ingin saya melawan mereka, tapi, saya gak mau. Saya pikir, buat apa meladeni orang-orang seperti mereka, tak ada gunanya lagi!

Oleh karena itu, saya memutuskan dengan tekad yang bulat, bahwa saya harus masuk jurusan IPA nanti pas kelas XI! Ya, saya sangat yakin, bahwa dengan masuk ke IPA, maka saya akan terhindar dari mereka-mereka yang saya tidak suka.

* * * * *

Dan akhirnya, impian saya terkabul! Kini, di sinilah saya, kelas XI IPA 4. Pada awal-awal semester 1, saya masih agak canggung untuk berkenalan lebih jauh dengan murid-murid yang ada di kelas ini. Tapi, seiring waktu, saya mulai bisa mengenal mereka lebih dalam. Dan, mengerti akan sifat-sifat ke-46 siswa-siswi yang sangat beraneka ragam. Serta, yang paling membuat saya berbahagia di kelas ini adalah, tidak ada lagi anak-anak yang kelakuannya seperti ‘geng badung’ pas kelas X lalu!

Ya, hampir semua siswa yang saya kenal baik di kelas ini membuat saya nyaman dan betah di kelas ini. Apalagi teman sebangku saya Iqbal, sangat enak diajak ngobrol. Ya, itu mungkin karena topik pembicaraan kami cocok. Selain itu, baik siswa laki-laki maupun perempuan di kelas ini juga sangat ramah padaku. Tak ada rasanya dari mereka yang tega berbuat ‘tidak baik’ ke saya. Dan hal itulah yang membuat kelas ini serasa terbalik 180° dari kelas lama saya.

Ada banyak kenangan indah di kelas ini. Seperti kompak tidak mengerjakan PR, saling tukar-menukar PR atau jawaban tugas dari guru, bahkan pernah satu kelas ditraktir makanan oleh salah satu siswa yang berulang tahun. Karena terlalu banyak kenangannya, maka saya gak sanggup untuk menuliskannya satu-persatu di notes sekecil ini. Untuk itu, biarkanlah kenangan-kenangan itu tersimpan rapi di diri saya.

* * * * *

Oh iya, besok merupakan hari terakhir kami belajar bersama di kelas itu. Karena, hari kamis nanti, kami akan mengikuti Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Hiks, sangat berat mengingat bahwa kami harus berpisah satu sama lain di kelas XII nanti. Dan, meskipun nantinya ada studi-tur ke Bandung, tapi tetap saja tak akan bisa menggantikan kenangan-kenangan itu. Yah, walaupun begitu, saya harus ikut bersama mereka untuk menghabiskan saat terakhir bersama kelas XI IPA 4.

Semoga, di kelas XII nanti, saya dapat sekelas dengan siswa-siswi seperti yang ada di kelas XI sekarang ini. Mulai dari candanya, tawanya, sedihnya, galaunya, sampai kehebohannya. Ya, hanya itu harapan saya nanti. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Salam – Agung Rangga

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s