Merayakan Hari Batik di Sekolah

Sekolah – Merayakan Hari Batik di SekolahTanggal 2 Oktober 2011 kemarin merupakan sebuah hari bersejarah dari dunia seni dan budaya Indonesia. Ya, hari itu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Dan sekolah saya, merayakan hari itu pada hari ini~ Halo, selamat sore~ Yap, inilah notes yang saya janjikan padamu kemarin. Huehehe, ada banyak cerita yang mau saya sampaikan hari ini loh~ Mau tau? Yuk kita ke SMAN 10 Bekasi pada pagi hari ini…

mirip koko cina yang pakai batik! -____-"

mirip koko cina yang pakai batik! -____-“

Sekitar jam 7:30-an upacara memperingati “Hari Batik Nasional” dimulai. Upacara ini dipimpin oleh pembina upacara bernama Bu Hesti, yang tak lain, beliau adalah wali kelas kami sendiri.Hmm~ Di beberapa notes sebelumnya ‘kan saya sudah cerita, bahwa kelas saya (XII IPA 1) akan menjadi petugas Paskibra dan tim Aubade untuk upacara senin ini. Segala persiapan sudah matang, dan kini, saatnya kami tampil.

kelas XII IPA 1 sebagai petugas upacara

kelas XII IPA 1 sebagai petugas upacara

Ya, ada sedikit rasa kesal juga. Kenapa di saat lagu Indonesia Raya, tim aubade kami harus diam. Hmph, ya sudahlah~ Toh, kami bisa menyanyi pada saat mengheningkan cipta.Saat bendera merah-putih dinaikkan untuk dikibarkan, terdengar alunan musik “Indonesia Raya“. Sayangnya, kami sebagai tim aubade harus mengalah, karena musik ini hanya boleh dimainkan oleh Tim Marching Band SMAN 10 Bekasi saja.

tim lomba mading antar kelas : dian - anam - saya

tim lomba mading antar kelas : dian – anam – saya

Dengan semangat dan suara lantang namun tetap berirama, lagu mars yang sudah susah payah kami hapalkan, terlantun dengan sangat sukses! Ya, apalagi bagian chorus-nya yang tinggi, kami menyanyikannya tidak fals~Ya, syukurlah, lagu “Mengheningkan Cipta” sukses kami lantunkan dengan baik. Dan saat yang paling mendebarkan bagi kami adalah, saat menyanyikan lagu mars sekolah kami, “MARS SMAN 10 Bekasi“!

sibuk-sibuk semua~

sibuk-sibuk semua~

Selesai upacara, saya beserta kedua anggota perwakilan kelas (ketua kelas si Anam dan bendahara kelas si Dian) untuk lomba mading antar kelas segera bergegas menuju ruang lomba di gedung kelas yang baru selesai dibangun.Dan saat upacara selesai, semua bertepuk tangan. Syukurlah, perjuangan latihan upacara kami selama seminggu kemarin tidak sia-sia. Dan hasilnya, rasa bangga akan kekompakan kelas kami menjadi semakin baik.

saya, lagi serius dengerin perintah ketua

saya, lagi serius dengerin perintah ketua

Dan untuk itu, kelas kami mengambil tema “Wayang” untuk dijadikan bahan artikel di mading kami. Waktu 1,5 jam kami manfaatkan semaksimal mungkin. Semua alat dan bahan yang kami bawa, sebisa mungkin kami gunakan semuanya.Lomba membuat mading ini diikuti oleh semua kelas X, XI, dan XII di sekolah kami, masing-masing berada di 3 ruangan yang berbeda. Karena hari ini merupakan hari batik nasional, maka tema lomba mading kali ini adalah “Kebudayaan Indonesia“.

sisa sampah dari mading kami

sisa sampah dari mading kami

Saat waktu lomba sudah habis, saya melihat ke sekeliling. Semua peserta dari kelas lain telah selesai menghias madingnya. Dan pas saya melihat ke mading kami, ternyata kami masih harus menghias-hias madingnya~Bahkan, si ketua Anam, sempat membawa bekal lemper untuk kami makan. Sayangnya, sebelum sempat mencicipinya, lemper-lemper tersebut sudah habis oleh peserta dari kelas lain yang minta~ (hiks, hiks~)

hasil akhir mading kelas kami : "Wayang"

hasil akhir mading kelas kami : “Wayang”

Sampai semua peserta sudah keluar ruangan, dan keadaan ruangan tersebut telah bersih, barulah mading kami selesai! Fiuuuh~ Dan ternyata, hal yang paling menyebalkan sekarang adalah, membersihkan sisa sampah bekas mading kami yang masih berserakan di mana-mana~ Setelah tim penilai datang ke ruangan itu, kami meletakan mading kami di jendela, sendiri (mading lain diletakan di bawah~). Dan di waktu senggang setelah membereskan sampah, kami sempat-sempatkan untuk melihat mading dari kelas XII, XI, dan kelas X.

Semuanya bagus-bagus. Tapi kami tetap optimis, dan berharap, semoga mading kami bisa menang. Karena, saya ingin sekali membuat nama kelas XII IPA 1 harum dimata murid kelas lain. Setelah itu, kami memutuskan untuk kembali ke kelas. Ternyata sudah ada Pak Parman, guru matematika yang lagi mengajar di kelas kami. Ya sudah, karena matematika itu pelajaran terakhir untuk hari ini, maka kami pun belajar di kelas.

semua anggota kelas XII IPA 1 di Hari Batik Nasional

semua anggota kelas XII IPA 1 di Hari Batik Nasional

Fiuuuh~ Benar-benar hari yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Sekolah kami dipenuhi oleh lautan batik. Kelas kami menjadi petugas upacara. Dan sudah mengikuti lomba mading. Selamat Hari Batik Nasional~

Salam – Agung Rangga

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s