Menuju Desain Komunikasi Visual

Kuliah – Menuju Desain Komunikasi Visual. Kuliah. Ya, itu adalah impian saya, yang mungkin juga merupakan impian seluruh murid yang bersekolah. Dan untuk mencapai impian itu tidak mudah. Banyak rintangan, dan hambatan. Tapi saya yakin, saya pasti bisa mewujudkannya.

Waktu itu, tanggal 9 November 2011. Di kelas, teman-teman saya yang lain ternyata sedang sibuk mengurusi berkas-berkas untuk pendaftaran SMBB (Seleksi Mahasiswa Baru Bersama) yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Hmm, memang sih info adanya program SMBB Telkom itu sudah disampaikan oleh guru BK beberapa hari sebelumnya. Dan saya baru tahu, ternyata Telkom memiliki beberapa universitas dan institut dengan jurusan-jurusan yang keren…

Melihat di brosurnya, saya tertarik dengan 2 universitas : Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) dan Institut Manajemen Telkom (IM Telkom). Kenapa saya tertarik? Hehe, itu karena kedua universitas tersebut memiliki jurusan idaman saya nanti di kuliah : “Desain Komunikasi Visual (DKV)“! Dulunya, DKV ini biasa disebut “Desain Grafis“, tapi sekarang namanya Desain Komunikasi Visual.

Kembali ke kelas. Hari itu kebetulan ada pelajaran BK. Dan guru BK meminta kepada murid yang ingin daftar SMBB untuk menyerahkan berkas-berkas pendaftarannya (berupa fotokopi rapot yang sudah dilegalisir) kepada beliau. Jdeeeenggg~~~ Alamak, saya gak tau kalau ternyata hari itu batas akhir pengumpulan berkas-berkasnya! Karena daftarnya kolektif, maka beliau mau semua berkas terkumpul hari itu, dan akan dikirim untuk didaftarkan besoknya.

Dan jadilah hari itu, pulang sekolah saya hanya mengambil rapot dan uang pendaftaran sebesar Rp 200.000,-, lalu langsung berangkat lagi ke sekolah untuk mem-fotokopi rapotnya. Huaaah, untung saja berkas saya masih bisa diterima oleh beliau~ (legaaa~~~)

Esoknya, para murid yang akan daftar SMBB Telkom diwajibkan untuk memilih maksimal 3 jurusan yang diinginkan. Banyak banget ternyata murid di sekolah saya yang ikut daftar, dan mereka memilih jurusan yang keren-keren lagi. Hmm, setelah dipikirkan masak-masak, ini dia jurusan yang saya pilih :

1. S1 Informatika
2. S1 Desain Komunikasi Visual
3. S1 Manajemen Bisnis dan Komunikasi

Err, lupa-lupa inget sih namanya. Tapi intinya, saya memilih ketiga jurusan itu. Dan pas besoknya, sial, saya baru sadar kalau saya lupa mencantumkan nama universitas/institut-nya! Huaaah, jadilah saya pasrah, mau di mana diterima, ya saya bersyukur aja… Jadi begini, tujuan saya yang utama itu Desain Komunikasi Visual-nya, dan Informatika serta Manajemen Bisnis itu hanya sebagai pelengkapnya saja. Nah, kan seperti yang saya sebutkan tadi, DKV ada di dua universitas (STISI Telkom & IM Telkom), dan saya lupa untuk mencantumkan universitas yang mana yang saya mau…

24 November 2011, pengumuman kelulusannya diumumkan. Dan karena sistem SMBB Telkom ini ‘online‘, maka pengumumannya ditampilkan di situsnya. Dan kedua teman saya sore-sore datang ke rumah (Yunas dan Yogas). Mereka datang untuk ikut melihat pengumuman kelulusannya lewat netbook saya.

Yunas memang gak ikut daftar, hanya saya dan Yogas saja yang daftar. Dan saat mencoba membuka websitenya, berkali-kali gagal diakses! Ya, sepertinya ‘server‘-nya sedang ‘down‘ saat itu (saking banyaknya yang mengakses kali ya?). Oke, akhirnya malamnya saya mencoba buka situsnya lagi. Oh my!!! Masih gak mau terbuka! Dan kebetulan si Yunas juga sedang online malam itu, saya pun minta tolong ke dia untuk mengecek ke situsnya, apakah saya lulus atau nggak.

Dan gak lama kemudian, Yunas membalas chat di facebook… Huaaa!!! Saya lulus!!! Iya, SAYA LULUS!!! (langsung teriak-teriak dan loncat kegirangan, malam-malam loh ini!) Eh, tunggu dulu! Saya lulus di jurusan mana nih? Saya tanya lagi, dan Yunas bilang kalau saya lulus di “S1 Desain Komunikasi Visual – Institut Manajemen Telkom“!!! Huaaah!!! Betapa bersyukurnya saya akan hal ini…

Di sekolah pun saya mendapatkan ucapan selamat dari teman-teman. Dan ternyata, si Yogas juga lulus di jurusan S1 Teknik Industri. Namun, katanya dia berencana untuk tidak mengambil jurusan itu. Dan pas saya lihat di papan pengumuman depan ruangan BK, di sana tertera beberapa nama yang dinyatakan Lulus di SMBB Telkom. Hanya ada kurang dari 20-an siswa. Dan yang membuat saya bangga, nama saya ada di daftar tersebut~

Kamu tahu, kali ini saya serius untuk mengambil jurusan S1 DKV itu. Karena, dari dulu jurusan itulah yang saya idam-idamkan. Bagaimana dengan SNMPTN? Hmm, saya rasa nggak. Saya tidak akan ikut ujian itu. Saya sudah cukup puas akan sekolah di DKV IM Telkom.

Lagi pula, ada teman saya sesama blogger yang juga lulus di SMBB Telkom. Dia Dony, pemilik blog Halo, Kamu!. Dia diterima di Informatika Institut Teknologi Telkom. Dan semoga saja, kami bisa bertemu (untuk yang pertama kalinya) nanti pas sama-sama kos di Bandung. Semoga…

Salam – Agung Rangga

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s