Kuliah

Ribetnya Bayar Kuliah

Hello Bandung

Kuliah – Seminggu ini saya sedang sibuk-sibuknya ngurusin bayar kuliah untuk semester depan. Ribet sekali! Dari mulai jumlah uang yang harus dibayarkan, tata cara pembayarannya, sampai menunggu status pembayarannya berubah. Oke, ceritanya dari awal ya~ Jadi, sekarang saya lagi libur semester. Liburnya dimulai dari tanggal 11 Januari, tepat sehari setelah UAS (Ujian Akhir Semester) selesai, dan akan masuk lagi awal Februari nanti. Wuiiih, pastinya puas banget dong liburan di rumah~

Dan senin kemarin (20/1) saya berniat mau membayar uang spp untuk semester depan. Namun, sempat ada isu kalau jumlah uang spp berubah dari semester lalu. Dan setelah saya cek di grup ‘DKV Information Center’ (grup yang menjadi tempat informasi utama jurusan saya), ternyata isu itu benar! Saya dan teman-teman pun merasa was-was, karena kami sangat takut kalau uang spp bakalan naik. Menurut saya sih, biaya Rp 6.150.000,- itu sangat besar. Tapi, ya wajar juga sih, mengingat saya kuliah di universitas swasta (Universitas Telkom, Bandung).

Syukurlah, ternyata jumlah uang spp yang harus dibayar lebih rendah dibanding semester lalu. Dari Rp 6.150.000,- menjadi Rp 5.650.000,-. Kata sekre (badan sekretariat kampus), alasan diturunkannya biaya tersebut karena jurusan saya sedang menyesuaikan dengan biaya di fakultas yang baru. Bingung? Sama. Jadi gini, jurusan saya itu DKV (Desain Komunikasi Visual), dulunya terletak di Institut Manajemen Telkom (IMT). Di lingkup kampus saya, ada beberapa kampus yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Institut Teknologi Telkom (ITT), Politeknik Telkom (Poltek), Sekolah Tinggi Seni Rupa Desain Indonesia Telkom (STISI), dan kampus saya IMT.

Nah, tahun lalu, keempat kampus tadi telah resmi disatukan dengan nama Universitas Telkom. Dan keempat kampus tadi menjadi ‘fakultas’ di Universitas Telkom. ITT menjadi Fakultas Teknik (FT), IMT menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Poltek menjadi Fakultas Ilmu Terapan (FIT), dan STISI menjadi Fakultas Industri Kreatif (FIK). Di FEB dan FIK ada jurusan DKV-nya. Tapi, katanya dalam 1 universitas ga boleh ada 2 jurusan yang sama. Karena itulah jurusan DKV saya yang di FEB akan disatukan dengan jurusan DKV yang ada di FIK. Sehingga, semua aturan birokrasi (eh bener gak ya bahasanya?) diubah dan disesuaikan dengan yang ada di FIK.

Gimana, cukup jelas kan? Nah, pas ke bank, ternyata di data teller-nya yang tertera hanya Rp 5.500.000,-! Lho, terus yang Rp 150.000,- nya? Kata teller-nya sih dia ga tau. Dan memang setahu saya, 5,5 juta itu biaya spp, dan 150ribu itu biaya JPKM, sejenis tunjangan kesehatan buat mahasiswa gitu. Ya sudah, saya bayar deh 5,5 jutanya. Dan kemarin pagi (22/1) saya bayar tuh yang 150ribu, sama lewat teller bank. Eeeeh, ternyata sorenya dapat info kalau khusus jurusan saya tidak usah bayar uang JPKM! Jadi, bagi yang sudah bayar (kayak saya), nanti bisa dikembalikan dengan membawa bukti transfernya.

Setelah itu, tinggal nunggu status pembayaran yang belum kunjung berubah. Kata sekre, karena sistem SIMAK (layanan online) kampus kami sedang diintegrasikan, makanya status pembayaran kami baru bisa berubah besok. Kalau status pembayaran sudah berubah, barulah kami bisa menginput mata kuliah buat semester depan. Dan semoga saja tidak ada kesalahan lagi. Intinya, bayar kuliah semester ini yang paling ribet, dibanding semester-semester lalu! Jadi, terima kasih sudah mau meluangkan waktu untuk baca unek-unek saya. Maaf kalau kurang berkenan.

Salam – Agung Rangga

Iklan

16 comments on “Ribetnya Bayar Kuliah

  1. Angga, lumayan donk ada penurunan biaya kuliah 500ribu tuh. Yang rajin ya belajarnya dan tuh dokunya jangan dipake foya-foya, hehe..piiiiss.

  2. Wah, termasuk langkah nih, uang SPP malah turun. Biasanya khan justru naik. 🙂

  3. iya bun, hehe~ 🙂
    siiip~ 😉

  4. iya, beruntung banget saya~ XD

  5. Selamat memulai kesibukan semester baru ya Angga, keribetan awal yang memacu semangat belajar. Salam hangat

  6. Kalau jaman aku dulu gak ada kenaikan, biasanya yang naik itu anak baru

  7. iya bun, terima kasih~ 😀

  8. iya bun, mahasiswa baru juga naik kok spp-nya~ 😐

  9. enak Dong kl ada uang yg bisa dikembalikan

  10. iya kak, hehe~ :))

  11. Ya ampun, ternyata uang kuliah sekarang mahal banget, ya….

    Tapi lumayanlah itu bisa lebih murah daripada semester sebelumnya 😀

  12. Temen baik saya ada yang kuliah di sana juga,, angkatan 2009. 😀

  13. iya, begitulah… :')

  14. oh ya? jurusan apa kak? 🙂

  15. Hooo, ternyata DKV ya. sayah baru tahu. Hehehehe.
    Kebayang itu gimana ribetnya mengurus pembayaran uang kuliah. Kalo jaman saya dulu di mana belom familiar pake bank, kudu ngantri dari jam 9 baru kelar jam 1 an. Hueeee…

  16. waduh, berarti beruntung juga ya saya sudah di jaman serba online ini… :'))

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: