Minggu Pertama Semester IV

Kuliah – Hohoho, sekarang saya sudah di semester IV nih~ Berarti tinggal melewati beberapa semester lagi dan saya siap untuk lulus! (‘pede’ banget~) Jadi, gimana Gung minggu pertamanya? Well, ternyata masih banyak error di sana-sini.

Perubahan Jadwal Kuliah

Karena baru minggu pertama, jadi wajar saja banyak keluhan yang terlontar dari mahasiswa. Terutama sih soal jadwal kuliah yang saling bentrok (lha, udah kayak kerusuhan aja~) antar matakuliah tertentu di hari yang sama. Misalnya, pas hari senin ada jadwal matakuliah A jam 9:00 sampai jam 12:00, dan juga matakuliah B dari jam 8:00 sampai jam 11:00. Nah loh, mau masuk matakuliah yang mana? Masa’ harus bolak-balik belajarnya?! Atau malah harus pilih salah satu untuk hadir dan satunya jadi absen?

Untuk itu, karena ini minggu pertama, maka dosen dan mahasiswa pun melakukan kesepakatan untuk menyesuaikan jadwal matakuliah. Dan sejauh ini sih sudah ada beberapa matakuliah yang jadwalnya berubah. Dan semoga saja minggu depan sudah bisa kuliah dengan lancar.

Ambil Matakuliah Atas

Pas perwalian sebelum uas kemarin, dosen wali saya (Pak Dwija namanya) menawarkan saya dan teman-teman untuk mengambil matakuliah atas. Matakuliah yang dimaksud adalah matakuliah yang hanya tersedia di semester VI. Tujuan dari mengambil matakuliah atas sih sebenarnya untuk mengisi sks yang kosong. Total sks semester IV ini adalah 19 sks, padahal semester-semester lalu bisa sampai 22 sks. Eh tapi, kalau ada sks yang kosong kan berarti ada waktu luang untuk libur ya~

Karena merasa sayang dengan sks yang kosong, saya putuskan saja untuk ambil matakuliah atas. Dan syarat ambil matakuliah atas adalah IPK yang mencukupi, serta tidak ada matakuliah yang mengulang atau tidak tuntas. (syukurlah saya memenuhi kedua syarat tersebut~) Tapi, katanya yang bisa dipilih hanya matakuliah pilihan saja, yakni bukan termasuk matakuliah wajib. Ada 3 matakuliah pilihan yang bisa diambil, yaitu Digital Editing, Audio Visual Presentation, dan satu lagi Packaging. Dan pilihan saya jatuh ke matakuliah Audio Visual Presentation.

Eh, ternyata di hari selasa kemarin (4/2), pas saya dan teman-teman menanyakan soal matakuliah atas ke badan sekretariat kampus, ternyata angkatan kami (angkatan 2012) tidak dibolehkan untuk mengambil matakuliah atas!!! Alasannya, karena matakuliah atas itu memiliki kuota tertentu, maka hanya diperuntukkan buat mahasiswa angkatan 2011, yang pada saat ini memang berada di semester VI. Sedangkan kami angkatan 2012, sudah ada ‘jatah’-nya di tahun depan.

Dan kalau ga segera membatalkan matakuliah tersebut, maka nilai akhir kami bisa-bisa menjadi ‘E’!!! Mendengar hal itu, saya konfirmasi ke Pak Dwija untuk membatalkan matakuliah atas yang telah dipilih. Benar saja, besoknya ada pemberitahuan bahwa sistem aproval dari dosen wali akan di-‘reset’, sehingga semua mahasiswa yang telah mengambil matakuliah atas akan segera dibatalkan…

Uang JPKM yang Tidak Dikembalikan

Seperti yang saya tulis di notes ini, katanya sih buat mahasiswa DKV yang telah membayar uang JPKM (semacam jaminan kesehatan untuk mahasiswa) sebesar 150ribu Rupiah, maka uang tersebut akan dikembalikan lagi pas masuk kuliah. Ternyata, ada seorang mahasiswa yang sudah menanyakan hal tersebut ke badan sekretariat, dan katanya uang tersebut “TIDAK JADI DIKEMBALIKAN”! Hah?! Katanya lagi, buat yang sudah membayar, maka tetap akan dapat jaminan kesehatan dari kampus.

Tapi, kan JPKM itu cuma berlaku di fakultas lama saya: FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), sedangkan di fakultas yang baru: FIK (Fakultas Industri Kreatif) tidak ada yang begituan! Lagipula, selama saya kuliah di Bandung, kalau pas sakit, ga pernah tuh berobat di UKS kampus! …hmph, capek ya kalau ngedumel. Ya sudahlah, saya ikhlaskan saja~ :’)

Fasilitas yang Belum ‘Pas’

Ya, pas hari senin, saya dan teman-teman dikejutkan oleh kelas yang ternyata jumlah meja dan kursinya kurang. Hari-hari selanjutnya, ada ruang kelas yang tidak memiliki papan tulis dan proyektor. Serta 2 lab ‘Mac’ yang dulu di FEB juga ikutan menghilang di FIK. Hmm, masa-masa transisi ke fakultas baru memang harus ekstra sabar. Tapi semangat untuk kuliah ga boleh padam dong~ Semoga saja minggu depan sudah jauh lebih baik. :’)

Salam – Agung Rangga

  1. waah 19 sks ya gung? kalo pas aku kuliah dulu udah diomelin itu ngambil segitu karena sama praktikum lab hehehe
    memang nyocokin jadwal kuliah paling susah deh karena kita ambil mata kuliah berdasarkan kebutuhan jadi jadwal pun harus pintar-pintar menyesuaikan
    mudah-mudahan semester ini lancar yaa biar cepat luluuuus

    Balas

  2. semoga tetap semangat aja deh kuliahnya 😀

    Balas

  3. Keinget jaman kuliah dulu deh. Ribet emang nyocokin jadwal.

    Balas

  4. wow, sampai diomelin? :))
    nah, itu bener banget, pintar-pintar menyesuaikan~ 😉
    terima kasih kak~

    Balas

  5. dulu kuliah di mana kak? 🙂

    Balas

  6. Jadi pengen kuliah 😦

    Balas

  7. semester baru berarti semangat baru juga dooong, salam kenal yaaa

    Balas

  8. Kalau Gung ditawarin dosen ambil makul atas bukti indeks prestasinya gemilang nih.
    Selamat memulai studi di semester baru.

    Balas

  9. Selegan melajah Gung nggih mangde Sukses 😉

    Balas

  10. iya dong~ 😉
    salam kenal juga~

    Balas

  11. hihi, astungkara bun~ :')
    terima kasih~

    Balas

  12. nggih bli, matur sukseme~ 😀

    Balas

  13. Ah, jadi teringat masa-masa awal semester sewaktu kuliah S1 dulu, hehehe

    Balas

  14. Sudah mulai ya semester genapnya, Gung?
    Kalau di tempat saya, baru mulai awal Maret mendatang..
    Sebagai dosen, saya juga merasakan keribetan mengatur jadwal di awal semester. Selalu saja ada yang bentrok. Dan celakanya, mahasiswa banyak yang mengira bahwa minggu-minggu awal kuliah baru sekedar penyesuaian jadwal, sehingga banyak yang absen, padahal untuk mencocokan jadwal dibutuhkan kehadiran seluruh peserta kuliah bukan?

    Semoga sukses kuliahnya ya Gung.. 🙂

    Balas

  15. hehe, kalau S2 seperti ini juga tidak kak? :))

    Balas

  16. iya pak~
    wah, pak vizon dosen ya~ saya juga bercita-cita jadi dosen pak~ :')
    hihi, benar tuh, ada beberapa teman yang belum masuk-masuk sampai sekarang~ :))

    terima kasih pak~ 🙂

    Balas

  17. Wih, seru ya bisa milih matkul. Kuliahku di politeknik yang sistem pemilihan matkulnya sudah ditentukan oleh kampus :3. Ngomong2, kampusku masih liburan semester 3 dan belum ada pengumuman matkul *malah curhat -___-“

    Balas

  18. Wihh… agak repot juga, ya, hehe….

    Minggu ini anak-anak kuliahan di kotaku juga sudah mulai masuk. Makanya daerah kos-kosanku sudah mulai ramai lagi. Tadinya mah sepi, pada pulang kampung, hehe….

    Balas

  19. sebenarnya sih matkul di kampusku juga ditentukan kampus, tapi ini kebetulan aja ditawarin ambil matkul atas~
    wah, masih libur? enaknya~~~ :'))

    Balas

  20. iya, di sini juga sepi pas semuanya pulang kampung~ :))

    Balas

  21. Wah saya 20 sks. Ada sisa 4 sks tapi buat dipake KKN itu juga. Sama berarti sistemnya kaya di sini, seangkatannya masuk bareng lulus bareng juga, ga bisa ngambil matkul atas.

    Balas

  22. hmm, betul juga ya, biar kompak seangkatan makanya ga boleh ambil atas… :))

    Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s