Game Concept Competition 2013 (bagian 1)

Kontes – Err, sebenarnya ini seharusnya ditulis dari dulu. Tapi, berhubung baru aktif ngeblog lagi, jadi supaya ga keburu lupa, saya tulis sekarang. Ini cerita pas semester 3 kemarin, saya sempat mengikuti lomba bernama Game Concept Competition 2013 yang diadakan oleh kampus saya, Universitas Telkom, Bandung.


Awalnya Tugas Kuliah

Pas semester 3 kemarin, saya (dan teman-teman) mendapat tugas dari Pak Dicky, dosen pengajar mata kuliah Dasar Komputer Multimedia (DKM), untuk membuat konsep game atau permainan. Karena, di matkul tersebut memang kami sedang belajar cara membuat game. Eh, beberapa hari kemudian, ternyata ada kabar akan diadakannya lomba membuat konsep game di kampus saya! Lho, kok kebetulan sekali? Pas dijelaskan oleh Pak Dicky, ternyata benar, akan diadakan lomba membuat konsep game, dimana jurinya berasal dari luar negeri!

Wow! Kelihatannya menarik sekali! Saya pun dengan semangat membuat konsep game tersebut. Kamisnya (5/12/2013), saya dengan penuh semangat membuat konsep tersebut. Bukan cuma tulisan tangan doang, melainkan sama konsep tampilan dan cara memainkannya. Saya membuat konsep game betema ‘toko jajanan tradisional‘, dimana game tersebut dapat dimainkan di platform mobile seperti Android, iOS ataupun Windows Phone. Susah-susah gampang sih membuatnya, terutama pas harus mengubah onde-onde, kue pukis, dan berbagai jajanan tradisional itu ke dalam bentuk yang kartun yang super imut.

Sekitar pukul 23:00 konsep baru 80% jadi. Besoknya, Jumat (6/12/2013), pas matkul DKM, Pak Dicky tidak memberi materi, melainkan membebaskan kami untuk menyelesaikan konsep game yang kami buat. Karena, hari itu adalah DEADLINE-nya!!! Tapi syukurlah, sekitar jam 12:00 konsep saya sudah jadi. Langsung saja saya kirim konsep tersebut ke email panitia lomba, juga ke email Pak Dicky (karena ini tugas kuliah juga…). Dan saya pun bisa bernafas lega setelahnya.


International Seminar & Workshop Game Works “Play More Earn More”

para peserta seminar dan workshop. ada yang melihat saya? :))

para peserta seminar dan workshop. ada yang melihat saya? :))

Sabtu (7/12/2013) pukul 8:30, saya sudah di aula gedung Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Telkom, menghadiri seminar dan workshop internasional tentang industri game. Dan ternyata, pembicara di sini adalah para pelaku kreatif dari industri game serta 4 orang juri dari lomba konsep game!!! Beberapa yang jadi pembicara adalah:

  • Gurjot Pal Singh dari SingTel, Singapore (juri lomba)
  • Anton Soeharyo dari Touchten Games, Indonesia (juri lomba)
  • Takeshi Araki dari Gaming SSB Innoventure, Japan (juri lomba)
  • Leung Pui Yan dari SingTel, Singapore (juri lomba)
  • Arief Widhiyasa dari Agate Studio, Indonesia
  • …saya lupa yang lainnya…

Nominator 5 Besar

Oh, pas pukul 8:43, ada sms. Isinya, saya dipanggil oleh Pak Aris (dari FIK) untuk segera ke ruang dosen DKV di lantai bawah. Nah loh, ada apa ini… *mulai keringat dingin* Sampai di sana, saya lihat ada beberapa orang, termasuk Pak Dicky. Dan Pak Aris pun menjelaskan, bahwa… SAYA MASUK JADI NOMINATOR LIMA BESAR!!! Ya, konsep game yang saya buat masuk nominasi 5 besar lomba ini!!! *loncat kegirangan*…*dalam hati* Dan beliau berpesan, kalau pas acara seminar dan workshop-nya sudah selesai, jangan pulang dulu. Karena, para nominator akan diajak ke acara gathering bersama para game developer di Dago, Bandung. Oh my goodness!!!

Saya pun kembali ke aula. Dan sepanjang seminar serta workshop berlangsung, saya sibuk komat-kamit. “Om Avighnam Astu Namo Sidham… Oh Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan YME), hamba mohon, kuatkanlah hamba, hamba pasrah akan hasil dari lomba ini, hamba hanya berharap yang terbaik dari-Mu, Astungkara, Astungkara…” Tidak lupa, saya kabarkan berita ini ke kedua orang tua saya. Dan beliau sangat senang dan terus men-support saya. Beliau berpesan agar saya tetap berdoa untuk yang terbaik. Masuk nominasi saja beliau berdua sudah bangga sekali dengan saya… *terharu*


The ‘Dag-Dig-Dug’ Moment

Seminar internasional memang beda ya. Karena memakai bahasa Inggris, jadi saya harus berusaha untuk memahaminya dengan ekstra. Sekitar jam 10:00, ada coffee-break, dimana para tamu bisa mengambil cemilan dan minuman. Duh, enak bangeeet~ Setelah coffee-break, seminar dilanjutkan lagi. Jam 12:00 kami dapat makan siang berupa nasi kotak. Lumayan, karena deg-degan terus, saya jadi lapar banget. Lalu, dilanjut lagi dengan workshop yang sangat seru, mengenai perkembangan industri game mobile.

Nah, tiba saatnya. Sekitar jam 17:00, puncak acara dari Game Concept Competition 2013 akan berlangsung. Yap, pengumuman pemenang!!! Dan saya sebagai orang yang masuk nominasi pun merasa harap-harap cemas. Pokoknya, semua saya pasrahkan ke Tuhan…


…bersambung ke bagian 2…

Salam – Agung Rangga

  1. wah, keren bro… gutlak ya.
    dari tugas malah jadi bener-beneran 😀

    di tunggu gamenya

    Salam kenal

    Balas

  2. wuiih, congrat yah.
    ditunggu link downloadnya, hehe penasaran pengen main 😀

    Balas

  3. Selamat, Gung, selamat 😀
    Jurusan apaan, Gung, kok ada materi bikin game begituan? Enak banget #ngiri :3
    Ditunggu update selanjutnya 😀

    Balas

  4. hehe, thanks bro~ 😉
    salam kenal juga~ 😀

    Balas

  5. woops, masih sekedar konsep doang kok… :'))

    Balas

  6. jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)~ 🙂

    Balas

  7. Saya jadi ikutan deg-degan nih menanti part 2-nya, hahaha….

    Selamat karena sudah mendapat pengalaman yg mengesankan itu, Bro!

    Balas

  8. pindah ngeblog ke sini ya Gung?
    yg di wp masih nggak?

    Balas

  9. selamat ya sudah jadi nominator….

    Balas

  10. iya bun~
    yang di wp udah ga bakal di-update lagi~ 🙂

    Balas

  11. catatankecilkeluarga 17 Februari 2014 pukul 09:20

    ikut deg deg an nunggu bagian 2 nya

    Balas

  12. ikut deg-degan. gimana nih hasilnya?

    Balas

  13. tunggu di bagian selanjutnya ya bun~

    Balas

  14. wahhh hebat banget Gung.Bisa masuk 5 besar. kan susah tuh… Semoga menang ya Gung

    Balas

  15. Wah ada acara begini ya, keren. Mau ikutan deh 🙂

    Balas

  16. Wah pastinya menang ini mah kayaknya. Eh ini acara internal ya gung?

    Balas

  17. Blog agan keren ya design nya 🙂

    Balas

  18. ini acaranya udah lama kak~ :))

    Balas

  19. uhuk!
    hehe, ini acara nasional kok~ 😉

    Balas

  20. Jadi penasaran sama konsep gamenya Gung sama desain karakter dan onde-onde imut itu. Hihihi.

    Balas

  21. hihi, sabar ya kak~ 😀

    Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s