Curhat

Balada Membuka Rekening Baru

Balada Membuka Rekening Baru

CurhatBalada membuka rekening baru mungkin bisa terjadi oleh siapa saja, termasuk saya. Apalagi kalau ini merupakan pengalaman pertama kali membuat tabungan di Bank sendirian, dimana biasanya harus ditemani oleh orang tua saya (hihi, dasar manja! ). Untuk itulah, saya berusaha mengumpulkan keberanian untuk melakukannya!

Sebenarnya sih saya sudah punya sebuah rekening tabungan di Bank BNI, yang berjenis Taplus Mahasiswa (Tapma). Tabungan tersebut saya buat pas awal kuliah (2 tahun yang lalu kalau gak salah), sebagai salah satu persyaratan kuliah. Jadi, kartu atm Tapma tersebut jadi satu dengan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), dimana kartu tersebut diperlukan untuk keperluan tertentu yang berkaitan dengan perkuliahan (terutama pas ujian).

Jujur, saya jarang sekali menabung dengan menggunakan rekening itu. Hanya sekali saya menabung di sana, itupun gak bertahan lama, baru sebulan udah habis lagi . Dan berhubung kampus saya yang tadinya IMT (Institut Manajemen Telkom) berubah menjadi Universitas Telkom, maka kini saya memiliki KTM baru. Akhirnya KTM yang lama jadi gak terpakai deh sampai sekarang.

Sebagai anak kost, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari pastinya masih mengharapkan bantuan dari pemerintah orang tua dong ya~ Untuk itu orang tua saya memberi saya kartu atm agar mereka mudah mengirim uang ke saya di perantauan. Sayangnya, kartu tersebut merupakan milik ibu saya. Nah, agar saya punya tabungan sendiri, makanya saya buka rekening baru~

Baca juga: Ribetnya Bayar Kuliah

Karena bank yang dekat kampus cuma satu (bank BNI), maka jadilah saya membuka rekening di bank tersebut. Hari itu Jumat (31/10), sekitar pukul 10:23 saya tiba di sana. Saya tanya ke mbak-mbak CS (customer service) bank BNI, bisakah saya mengkonversi rekening Tapma saya agar diubah menjadi Taplus Muda, namun dengan nomor rekening yang sama. Namun ternyata tidak bisa, harus buat rekening yang baru.

Hmm, okelah kalau gitu. Setelah mengisi formulir pendaftaran, serta menyerahkan KTP sebagai persyaratannya, maka jadilah saya terdaftar sebagai nasabah baru Taplus Muda. Tapi pas itu baru dapat buku tabungannya aja, sedangkan kartu ATM-nya menyusul (maksimal 7 hari kerja katanya). Duh, lama sekali~

Pas Selasa kemarin (11/11), akhirnya kartu atm saya jadi ! Jam 09:00 saya ke bank BNI untuk mengambil kartu tersebut, serta mengaktifkan layanan sms banking dan internet banking. Dan satu lagi, sebenarnya tujuan lain saya membuka rekening baru di BNI agar saya dapat menggunakan layanan BNI Debit Online-nya (a.k.a VCN/Virtual Card Number). Tapi, kata CS-nya kalau sudah mengaktifkan sms banking otomatis VCN-nya juga akan aktif, maksimal 1 hari kerja.

Baca juga: Domain Baru

Karena hari itu ada kuliah siang, jadi dari sana saya langsung ke kampus. Nah, iseng-iseng tuh saya coba cek saldo lewat sms banking. Eh, pas disuruh memasukkan pin ke “x” dan ke “x”, ternyata saya salah! Lho, kok… Saya coba lagi untuk yang kedua kalinya, dan masih salah juga! Alhasil, sms banking saya diblokir… *nangis dipojokan*

Sorenya habis pulang kuliah, saya langsung ngebut ke bank lagi (padahal sore itu hujan deras banget). Dengan malu, saya utarakan masalah saya ke mbak-mbak CS yang tadi pagi juga melayani saya. Iya, saya kira pin sms banking saya sudah di ubah, ternyata masih pin standar. Untung si mbak CS mau membantu saya mengatur ulang pin-nya. Dan syukurlah sekarang tidak ada masalah lagi~

Nah, sekarang tinggal fitur VCN-nya. Harusnya sih hari ini sudah bisa digunakan. Tapi pas saya cek tadi pagi (13/11), ternyata masih belum bisa. Setelah menelepon BNI Call, katanya akan diproses melalui pendaftaran manual ke pihak Mastercard, dan disuruh menunggu lagi maksimal 5 hari kerja. Hmph… Semoga saja ya kali ini benar-benar bisa digunakan.

Oke, segini dulu curhatan untuk hari ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya~

Salam – Agung Rangga


#trivia : bagaimana pengalamanmu saat pertama buka rekening baru?

Iklan

27 comments on “Balada Membuka Rekening Baru

  1. Senangnya punya kartu ATM dan reknening baru ya Gung. Semoga menghasilkan pundi2 🙂

  2. Saya kasih tips untuk mengisi angka di tabungan.
    Bawa uang secukupnya, isi slip setoran, serahkan ke kasir beserta bukunya dan … taraaa angka di buku tabungan sudah bertambah. Semudah itu

  3. Senang dong ya sekarang, punya rekening sendiri 🙂

  4. Semoga cepat banyak isinya ya 🙂

  5. permisi, mau tanya. kalo misalkan kita setoran awal 100.000 apa nanti di buku tertulisnya 100.000 juga udh dikurangin buat biaya lain? thanks

  6. Aku bkin taplus muda juga di BNI. Kan ga lengkap datanya (bagian no telp) jd cuma dpt buku tabungan aja. terus disuruh balik lagi buat lengkapin data kan. Kalo ga salah sminggu. Nah Itu kartu atm-nya pake nama katanya.. Rada bngung . klo buat ngaktifin sms banking ama internet banking lgsung dicustomer service aja kan?

  7. VCN kmu ahirnya bisa dipake setelah nunggu berapa hari?

  8. Oh gt.thanks infonya ya

  9. bisa tidak buat rekening baru sedangkan rekening lama masih ada?

  10. Eprilita

    berapa biaya seluruhnya untuk buat rekening taplus muda?

  11. kalo sms bankingnya terblokir apa harus ngurus ke kantor BNInya?? ada gk cara lain gt misal kita aktivasi di atm aja gt

  12. Tanya dong bro. Katanya ATM nya harus nunggu maks 7 hari ya, itu nanti pihak bank nelpon kita apa gimana untuk ngambil kartunya?
    Soalnya saya jg disuruh nunggu 2 minggu.
    saya bikin di bank bni

    • Tanya dong bro. Katanya ATM nya harus nunggu maks 7 hari ya, itu nanti pihak bank nelpon kita apa gimana untuk ngambil kartunya?
      Soalnya saya jg disuruh nunggu 2 minggu.
      saya bikin di bank bni

    • kalau saya sih tidak ditelepon pihak bank, melainkan langsung saja datang ke banknya. 🙂

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: