Curhat

Kaleidoskop 2015

Kaleidoskop 2015

Curhat – Tidak terasa, malam ini (saat tulisan ini dibuat) merupakan malam terakhir di tahun 2015. Sangat banyak momen-momen berkesan yang saya alami sepanjang tahun ini. Sebagian mungkin sudah pernah kamu baca di blog ini, maupun lewat tulisan yang saya bagi di akun media sosial. Nah, untuk yang terakhir di 2015, saya persembahkan kilas balik momen seorang Agung Rangga.


Januari

pas sembahyang di Pura Rambut Siwi, sebelum pulang ke Bekasi
pas sembahyang di Pura Rambut Siwi, sebelum pulang ke Bekasi

Awal tahun 2015 (1/1), saya sekeluarga kembali pulang ke Bekasi, setelah menghabiskan 1 mingguan lebih di Bali. Kami sekeluarga mudik ke Bali karena ada upacara ngaben kakek saya (baca selengkapnya mulai dari sini). Setelah itu, mulai beristirahat sejenak di rumah hingga masuk kuliah lagi, tepatnya di semester 6 (17/1). Kehidupan awal kuliah pun berjalan lancar. Oh iya, di akhir bulan ini, saya membelikan sebuah netbook baru untuk si adik bungsu, Arya. Belinya di BEC Bandung, dan akan saya bawa pulang ke rumah di bulan depannya.


Februari

Di awal bulan ini (7/2), saya bersama 3 orang teman (Haman, Cecep & Wahyu) berangkat ke Cimahi. Di matakuliah Studio Manajemen Desain IV, semua mahasiswa ditugaskan untuk melakukan rebranding sebuah UKM, dan kami memilih sebuah UKM kuliner tradisional di Cimahi untuk tugas tersebut.

buku pertamaku!
buku pertamaku!

Seperti yang ditulis sebelumnya, saya pulang ke rumah (14/2-19/2), dan bisa sembahyang bersama di hari raya Tilem (bulan gelap). Di bulan ini, saya mendapatkan kesempatan untuk menyelesaikan proyek buku cergam dari penerbit indie Rabbit Hole. Ini adalah pertama kalinya saya menerima proyek sebesar ini, walaupun buku tersebut cuma akan dicetak dalam jumlah terbatas (baca cerita lengkapnya mulai dari sini).


Maret

Bulan ini merupakan salah satu bulan terberat bagi saya. Di awal bulan (5/3) saya tertimpa musibah (yang sebenarnya tidak seberapa parah juga sih), yaitu terpeleset di depan pintu kamar mandi. Tulang ekor rasanya sakit banget, dan begitu baca cara meredakannya di internet, malah ada yang bilang kalau resiko sakit tulang ekor bisa sampai menyebabkan lumpuh (jadi makin parno).

Akhirnya berobat ke dokter, dikasih beberapa obat penghilang nyeri. Namun pas obatnya habis, masih terasa sedikit nyeri di tulang ekor, dan saya memutuskan untuk melakukan rontgen di salah satu klinik di Buah Batu (13/3). Hasilnya, tidak ada yang aneh di tulang ekor saya, dan dokter bilang kalau nanti juga akan sembuh dengan sendirinya.

kunjungan keluarga
kunjungan keluarga

Yang lebih parah, bulan ini juga berlangsung UTS semester 6 (9/3-13/3). Saya harus menahan sakitnya tulang ekor, sembari belajar buat UTS, membuat tugas kuliah, dan menyelesaikan proyek buku. Pada akhirnya, Sang Hyang Widhi melancarkan semuanya. Keluarga saya datang ke Bandung (14/3) untuk menengok keadaan saya, dan akhirnya kami pulang ke Bekasi lagi untuk liburan paska UTS (hingga 23/3).


April

akhirnya bisa magang di sini~
akhirnya bisa magang di sini~

Bulan sibuk-sibuknya mencari tempat magang untuk semester depan! Saya mencoba daftar magang ke Mizan Publishing House (penerbit buku di Bandung), karena saya kenal dengan salah satu editor di sana. Setelah menyerahkan berkas dan diwawancara (7/4), saya resmi magang di sana mulai bulan Juni nanti.


Mei

Pulang ke Bekasi lagi untuk sembahyang hari raya Saraswati di rumah (1/5-4/5). Lalu ke Mizan lagi buat mengambil surat keterangan telah diterima magang di sana (8/5). Saya juga coba mengikuti Webtoon Challenge League (waktu itu cuma tersedia untuk pengguna bahasa Inggris a.k.a internasional), dengan komik yang berjudul “Hi, Gung!” (yang akhirnya tidak diteruskan lagi…).

suasana Pasar Komik Bandung 2015
suasana Pasar Komik Bandung 2015

Bulan ini ada event seru, Pasar Komik Bandung (Pakoban), yang diselenggarakan di Braga, Bandung. Wiiih, banyak sekali komikus dan seniman lokal yang menggelar dagangannya di sini! Saya pun membeli beberapa komik di event ini.

UAS di semester ini juga berjalan lancar, syukurlah nilai aman semua~ Oh iya, pas bayar uang kost kemarin, saya ditawari bapak kost untuk merenovasi kamar. Jadi, kamar kostan bakal dirapikan dan dicat ulang. Kebetulan ada libur setelah UAS, dan saya pun pulang lagi ke Bekasi (21/5-30/5). Pas balik ke Bandung, kamar sudah rapi deh~


Juni

selalu datang paling pagi di kantor
selalu datang paling pagi di kantor

Sebenarnya, liburan semester ini puanjaaang banget, sampai lebaran nanti). Namun sayangnya, saya harus menikmati liburan dengan melaksanakan magang (1/6). Di Mizan, saya ditempatkan di bagian redaksi buku remaja (DAR! Mizan). Saya juga ikut berpuasa selama berada di kantor, untuk menghormati karyawan lainnya.


Juli

suasana kantor
suasana kantor

Selama magang, sangat banyak pengalaman yang saya dapat. Hingga akhirnya, magang selesai dan saya berpamitan pada semua karyawan Mizan (13/7). Ngomong-ngomong, sudah lama sekali saya ingin menulis tentang magang, tapi sampai sekarang belum tersampaikan. Semoga saja tidak lupa lagi…

Besoknya (14/7), saya pulang ke Bekasi untuk menikmati sisa liburan semester, sambil menyusun laporan magang tentunya (hiks…). Selama liburan, kami sekeluarga pergi mengunjungi beberapa pura di Bogor dan Jakarta untuk sembahyang.


Agustus

Di bulan ini saya mengikuti lomba maskot kota Surabaya, yang pada akhirnya masuk ke 10 besar, dan menjadi juara 1 (baca cerita lengkapnya di sini)! Saya pun diundang ke Surabaya selama 3 hari (22/7-24/7) untuk menerima penghargaan dari walikota Surabaya, Bu Risma. Akan segera saya ceritakan pengalaman pertama berada di Surabaya pada tulisan selanjutnya~

jalan-jalan ke luar angkasa~
jalan-jalan ke luar angkasa~

Kemudian, saya menyempatkan diri untuk datang ke event Popcon Asia 2015 (7/7), sebuah acara pop culture terbesar di Indonesia, dimana saya menghabiskan semua uang ditabungan (serius lho!) untuk membeli komik dan suvenir di acara itu (baca perjalanannya di sini). Semester 7 pun dimulai dengan audiensi magang (26/7) dengan 3 penguji, dan kuliah seperti biasa~


September

pas upacara ngeroras, sayang si Arya malah tidur
pas upacara ngeroras, sayang si Arya malah tidur

Selamat ulang tahun (10/9)! Tidak ada yang spesial sih, soalnya saya sedang disibukkan dengan tugas kuliah, di Bandung pula. Dan di bulan ini, saya sekeluarga mudik lagi ke Bali, untuk datang di acara ngeroras, yaitu penyucian roh-roh leluhur keluarga besar merajan kami (serta upacara metatah/potong gigi). Acaranya besar dan meriah sekali, diadakan selama seminggu penuh (19/9-26/9). Acara penting ini juga akan saya bahas di tulisan berikutnya.


Oktober

Kuliah seperti biasa, sambil menyicil tugas-tugas besar. Saya juga memperpanjang domain blog, dan membeli beberapa game diskon untuk Nintendo 3DS (13/10). UTS semester ini pun berjalan tanpa hambatan.


November

PIKIRAN RAKYAT - 13 NOVEMBER 2015
PIKIRAN RAKYAT – 13 NOVEMBER 2015

Kampus saya mengadakan seminar dan workshop komik bersama komikus asal Prancis, Simon Hureau, dan saya mendapat banyak wawasan baru lewat acara ini (10/11). Saya juga masuk koran Pikiran Rakyat Bandung, berkat diwawancara sama teteh wartawan pas lagi mengikuti workshop (ihiy~). Dan akhirnya, sertifikat lomba maskot Surabaya kemarin pun datang juga ke rumah (setelah nunggu sekian lama)~


Desember

dapat penghargaan dari dekan
dapat penghargaan dari dekan

Sebagai penutup tahun, saya diundang oleh Bapak Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T. selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif – Telkom University, untuk menerima penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi dari beliau. Suatu kehormatan bisa turut membanggakan kampus yang sudah mendidik saya selama 3,5 tahun ini.

Mulai mengurus segala berkas persyaratan untuk TA (Tugas Akhir/Skripsi) semester depan. Mulai dari melengkapi data mahasiswa (10/12), aproval Transkrip Aktifitas Mahasiswa (11/11), hingga mengurus tes EPrT (sejenis TOEFL) untuk di akhir semester nanti. UAS terakhir untuk masa kuliah S1 saya selesai!!! Yay, tidak ada lagi deh belajar di kelas, kerja kelompok, dan UTS/UAS~ Mari menyambut TA di semester depan~ Sebelumnya, liburan dulu di rumah~


Fyuh, selesai juga nulisnya (lumayan panjang). Terima kasih 2015, benar-benar tahun yang penuh kenangan dan sangat berkesan. Selamat datang 2016, semoga menjadi tahun yang lebih baik. Selamat tahun baru semuanya!

Salam – Agung Rangga

Iklan

8 comments on “Kaleidoskop 2015

  1. Banyak pencapaian ya Gung selama 2015, keren banget, selamat atas semua prestasinya. Mudah-mudahan sukses selalu selama 2016 ini, makin cetar dan makin banyak berbagi dengan kita semua :hehe. Jangan lupa, semua ceritanya diselesaikan dan dibagi lewat blog, kayaknya peer ada banyak tuh! :haha *kabur*.
    Selamat liburan tahun baru! Eh minggu depan Siwaratri pas banget tuh harinya Jumat, besoknya Sabtu bisa libur :haha!

    • terima kasih Bli, selamat tahun baru juga! 😀
      iya nih, jadi banyak peer yang harus diselesaikan (liburan malah ngerjain peer~).
      untung saya masih di rumah sampai pertengahan januari nanti~ 😆

  2. keren prestasinya di tahun 2015, semoga di tahun ini makin baik lagi & sehat selalu ya. Happy New Year

  3. Keren prestasimu Gung selama 2015. Selamat tahun baru, semoga makin berjaya di 2016, juga TA nya.
    Salam

  4. sonyasonya

    Waaa ka agung univ trelkom bandung toh xD

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: