Blog

Memori Yang Hilang

Memori Yang Hilang

Blog – Memori yang hilang tentu akan membuat seseorang lupa akan masa lalunya. Baik itu berupa kenangan manis, maupun kenangan pahit. Akhir-akhir ini, saya mengalami hal itu. Saya ingat, ada beberapa kenangan yang saya tulis di blog lama saya. Dan ketika saya akan memulihkan kenangan-kenangan itu, ternyata mereka sudah lenyap.

Kalau kamu (pernah) mengenal saya lewat internet (terutama di kancah blogging), pasti tahu bahwa dulu saya memiliki blog yang berdomain “popnote[dot]wordpress[dot]com”, atau biasa saya sebut “PopNote“. Kalau tidak salah, blog itu saya buat pas masih duduk di bangku SMA kelas 10 (sekitar tahun 2010 yang lalu).

Dalam blog PopNote, ada banyak sekali tulisan yang menggambarkan seperti apa Agung Rangga pas masih remaja (lah, jadi malah kelihatan tua ya…). Terlihat dari gaya menulis yang masih labil (sekarang sudah mendingan sih, hahaha~), penggunaan bahasa-bahasa gaul (biarpun  di dunia nyata sebenarnya tidak gaul-gaul amat), dan isi dari tulisannya yang berkisar seputar kehidupan siswa SMA biasa.

Ah, jadi ingat. Dulu pas awal-awal ngeblog, saya sering membagi-ulang (reshare) berita-berita dan tips-tips yang berasal dari situs-situs terkenal (semisal detik, kompas, dll). Berita dan tips itu saya kelompokan dalam beberapa kategori khusus dalam blog. Sebenarnya, saya melakukan hal itu cuma sebagai catatan penambah informasi untuk diri saya sendiri. Sama sekali tidak bermaksud untuk copy-paste mentah-mentah tanpa alasan. Soalnya, lebih mudah membaca kembali di blog ketimbang menyimpannya di Microsoft Word atau bookmark di browser.

Eh, tapi sebenarnya hal itu tidak terlalu penting sih. Yang sangat bernilai bagi saya adalah tulisan-tulisan yang berisi curhatan saya kala itu! Curhatan dari yang gak penting, sampai yang bakal dikenang seumur hidup, pernah saya tulis di blog PopNote. Mulai dari tulisan tentang awal masuk kuliah, tentang jalan-jalan bersama keluarga, tentang bermain dengan sahabat-sahabat, sampai (ehem!) masa dimana saya pernah merasakan (sekali lagi, ehem!) “cinta”.

Baca juga: WordPress: Account Suspended!

Dan malapetaka itu bermula pas saya terpikir untuk membuat satu blog lagi dengan nama saya sebagai domainnya. Dan terciptalah “gungrangga.wordpress.com” (yang sekarang menjadi blog ini dengan domain “agungrangga.com”). Saya tetap memilih ngeblog di wordpress.com agar lebih mudah memindahkan tulisan-tulisan dari blog PopNote ke blog baru ini. Rencananya, saya akan menggunakan blog yang baru sebagai upaya personal branding saya, makanya domainnya pakai nama sendiri.

Sesuai dengan petunjuk dari wordpress.com, proses pemindahan tulisan ke sesama blog wordpress cukup dengan melakukan ekspor-impor file xml yang bisa diunduh di Dasbor > Perkakas > Ekspor/Impor. Kita bisa memindahkan pos, halaman, komentar, ruas tersuai, kategori, dan tag. Lucunya, pas saya telah selesai mengunggah file xml tadi di blog baru, tiba-tiba muncul pemberitahuan di dasbor bahwa saya telah melanggar TOS (Term Of Service) dari wordpress.com, dan berujung pada akun saya yang berubah jadi statusnya menjadi suspended?!?!

Selama beberapa hari saya tidak bisa mengakses dasbor blog wordpress saya, baik itu yang PopNote maupun yang baru. Karena saat itu semangat ngeblog lagi naik, mau tidak mau saya buat sebuah blog baru dengan menggunakan layanan Blogger yang berdomain “gungrangga[dot]blogspot[dot]com”. Sambil menulis di sana, saya juga memantau perkembangan kasus “account suspended” ini.

Setelah menghubungi pihak wordpress.com, akun saya bisa digunakan kembali, dan bisa masuk ke dasbor blog lagi. Tapi, saat itu saya memutuskan untuk berhenti meng-update PopNote, sehingga bisa fokus di blog yang di blogger. Sementara itu, blog baru yang di wordpress saya telantarkan begitu saja. Saya juga mencoba untuk memindahkan backup tulisan dari PopNote ke blog yang di Blogger, namun ternyata tidak bisa. Selalu terjadi error saat mengunggah berkas xml-nya.

Namun ngeblog di Blogger tidak bertahan lama. Saya kangen menulis menggunakan wordpress.com. Akhirnya saya putuskan untuk balik lagi ke wordpress.com dan memindahkan tulisan dari blogger ke sini, ke blog yang baru. Tapi saat itu, saya tidak sadar telah melakukan kesalahan terbesar saya. Dengan “pede”-nya, saya hapus blog PopNote dari dunia maya. Saya pikir, waktu itu saya sudah punya file backup tulisan di laptop saya, jadi aman-aman saja untuk menghapus PopNote.

Baca juga: Reblog

Yang terjadi malah kebalikannya. Saat saya hendak meng-upgrade sistem operasi laptop dari Windows 8 ke Windows 8.1, ternyata laptop saya mengalami gangguan. Ada masalah driver yang tidak kompatibel pada windows 8.1-nya (maklum laptop saya sudah cukup berumur). Alhasil, hard disk laptop harus diformat untuk memasang ulang windows 8-nya. Syukurlah, laptop saya bisa digunakan normal kembali.

Saya ingat, kalau saya belum memindahkan tulisan di PopNote ke blog baru ini. Pas saya cari file backup xml-nya, ternyata tidak ada di mana-mana?!?! Sudah dicari di seluruh folder yang ada di laptop saya, hasilnya tetap nihil! Jangan-jangan, file tersebut ikut terhapus saat memformat hard disk… Sumpah, pas mengetahui file tersebut hilang, rasanya saya ingin memaki-maki diri saya sendiri! Kenapa saya bisa seceroboh itu!!! AAARRRGGGHHH!!!

Percuma, nasi sudah menjadi bubur, file yang hilang tidak bisa dikembalikan lagi. Tulisan hasil ngeblog selama beberapa tahun itu pun lenyap tak bersisa. Saya mencoba untuk pasrah, dan mulai menulis lagi di blog ini, blog yang sedang kamu kunjungi. Biarlah memori yang hilang tersebut tetap ada di hati saya. Dan semoga, saya dan kamu bisa menikmati memori-memori baru yang saya bagikan di sini.

Salam – Agung Rangga

Iklan

20 comments on “Memori Yang Hilang

  1. Turut sedih ya dengan hilangnya memori laptopmu… 😦

  2. kehilangan file itu rasanya gado-gado….. dan bisa bikin sempet down….. apalagi kalau harus mengulang dari awal….. kalau bener-bener khilaf bisa banting hp 😀

  3. Wah mas agung bole nanya, itu komik animasi nya bikin ndiri ya, lucu ey

    Klo upgrade unstal komputerku juga ga ngaruh banyak di loading alias sami mawon hihihi

  4. wah memulai itu perjuangan yah pertahanin juga perjuangan kudu berjuang terus…

  5. Wah hasil karya taunan raib sekejap y bro,hikgs. Kebetulan aq bru rencana beli domain,brati jgn pernah ngapus blog lama ya..

  6. wah sayang banget hilang. Ayuk semangat nulis lagi bikin tulisan lagi

  7. memang kehilangan file itu memang engga enak banget.hehehe
    saya sudah pernah kehilangan satu drive di laptob saya. dan raasanya bingung banget..

    salam blogger…sukses selalu

  8. Hiks, saya pernah merasakannya. Ilang tulisan itu kayak kehilangan… ah, sudahlah, pokoknya sedihnya sulit dideskripsikan :’)

  9. liannyhendrawati

    Duh sayang banget filenya hilang. Jadi pingin tau, cerita SMA Agung Rangga hehehe.
    Eh langsung keinget sudah lama nggak backup postingan blog nih.

  10. emang kalau udh memory hilang, repot jadinya ya mas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: