Pengalaman Bersama BNI

CurhatPengalaman Bersama BNI dalam hal menabung adalah pengalaman yang sangat berkesan. Mulai dari mudahnya membuka rekening baru, banyaknya keunggulan fitur dan layanan yang ditawarkan oleh BNI, dan pelayanan kepada nasabah yang sangat memuaskan. Kali ini, akan saya ceritakan alasan mengapa saya memilih Bank Negara Indonesia sebagai tempat pertama untuk menabung.


Tentang Menabung

Masih ingat banget, waktu jaman SD, saya suka sekali dengan yang namanya menabung. Menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan yang diberi orang tua, kemudian dimasukkan ke dalam celengan. Ketika uang-uang receh itu sudah membuat celengan menjadi berat, dengan semangat saya pecahkan celengannya. Dan hasilnya, uang tabungan yang saya kumpulkan tersebut pun berubah menjadi mainan tamagotchi (sejenis game memelihara hewan virtual) yang sudah lama saya impikan.

kini anak-anak juga bisa menabung di BNI

kini anak-anak juga bisa menabung di BNI 

Pas SMP, saya menabung untuk membeli konsol game Nintendo DS. Sementara saat duduk di bangku SMA, saya menabung untuk membeli sebuah ponsel baru. Ahahaha, kalau dipikir-pikir, tujuan utama saya menabung cuma untuk langsung dihabiskan. Jadi alurnya hanya “nabung > habiskan > nabung > habiskan > dan seterusnya…”. Kata orang rumah, saya kalau dibilang boros tapi rajin menabung, sementara dibilang hemat namun kalau punya uang pasti langsung habis. (serba salah…)

Di saat menjalani hidup sebagai mahasiswa, kesempatan untuk menabung kadang terlewatkan begitu saja oleh saya. Karena, ternyata menjadi mahasiswa DKV itu cukup menghabiskan banyak biaya. Contohnya saja, saya harus melakukan upgrade RAM laptop saya ke 8GB untuk keperluan desain, belum beli pen tablet Wacom Bamboo untuk menggambar digital, hingga membeli berbagai macam peralatan menggambar manual seperti kertas, kuas, cat, pensil, dan sebagainya. Boro-boro bisa menabung, yang ada uang saya keburu ludes gara-gara semua peralatan kuliah…


Kali Pertama Memilih BNI dalam Berbank

Baca juga: Balada Membuka Rekening Baru

Akhirnya saya sadar, bahwa saya harus bisa untuk mulai menabung lagi. Kali ini, saya memutuskan untuk coba menabung di bank, biar tidak perlu repot dan was-was menyimpan uang di kostan. Sebelumnya, saya sudah melakukan riset kecil mengenai beberapa bank, dengan memahami berbagai jenis tabungan dan layanan yang ditawarkan oleh mereka. Karena saya ingin agar pengalaman pertama kali menabung di bank ini berjalan sesuai dengan apa yang saya mau.

lokasi mesin ATM yang banyak tersedia jadi salah satu alasan memilih BNI

lokasi mesin ATM yang banyak tersedia jadi salah satu alasan memilih BNI

Setelah menimbang-nimbang, jadilah saya memilih Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai tempat untuk menyimpan tabungan saya. Alasannya, ada beberapa program dan layanan dari BNI yang sangat pas untuk saya. Contohnya, ada jenis tabungan bernama BNI Taplus Muda yang cocok digunakan oleh mahasiswa/pelajar, mudahnya transaksi menggunakan SMS Banking dan Internet Banking BNI, serta fitur menarik dimana saya bisa belanja online tanpa kartu kredit menggunakan BNI Debit Online!

Kebetulan, di dekat kampus saya (Universitas Telkom, Bandung) ada kantor cabang BNI, jadi langsung berangkat deh ke sana. Saya dilayani oleh customer service yang ramah dan sigap membantu saya dalam proses pembukaan rekening baru. Tanpa harus menunggu lama, akhirnya rekening baru saya jadi dan siap untuk dipakai menabung! Seminggu kemudian, saya ke sana lagi untuk mengambil kartu ATM BNI dan mengaktifkan fitur SMS dan Internet Banking-nya.


Mengapa BNI Taplus Muda?

Di BNI, terdapat berbagai macam jenis simpanan/tabungan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari BNI Taplus sebagai jenis tabungan standar, BNI Taplus Bisnis untuk kamu yang punya usaha sendiri, BNI Tappa untuk pegawai perusahaan, BNI Taplus Anak untuk anak-anak berusia dibawah 17 tahun, dan masih banyak lagi. Yang menjadi pilihan saya adalah jenis tabungan BNI Taplus Muda.

tabungan untuk anak muda, ya BNI Taplus Muda

tabungan untuk anak muda, ya BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda merupakan salah satu jenis produk simpanan/tabungan turunan BNI Taplus, yang khusus diperuntukkan bagi kaum muda berusia 15 hingga 25 tahun. Jenis tabungan ini cocok banget buat pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa seperti saya, karena banyak fitur serta kemudahan yang ditawarkan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh BNI Taplus Muda antara lain:

  • E-Banking: mau transaksi menggunakan BNI ATM, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, BNI Phone Banking, sampai BNI Mobile Banking, semua bisa kamu lakukan!
  • BNI CDM (Cash Deposit Machine): kamu bisa melakukan setor tunai di 114 lokasi mesin CDM di indonesia selama 24 jam!
  • BNI Cashless (ATM Non Tunai): butuh uang dari tabunganmu atau mau transfer-transfer? Gampang, tinggal pergi ke ATM BNI terdekat, beres deh~
  • Layanan Notifikasi Transaksi via SMS: setiap melakukan transaksi, kamu akan mendapatkan pemberitahuan langsung ke ponsel kamu!

Selain keempat fasilitas unggulan tersebut, BNI Taplus Muda juga punya keunggulan lainnya. Seperti setoran awal minimal 100.000 Rupiah, setoran minimal selanjutnya (di counter teller) 10.000 Rupiah, hingga biaya administrasi rekening yang cuma 5.000 Rupiah saja! Terus, bagaimana cara membuka formulir BNI Taplus Muda? Mudah banget kok, cukup datang ke kantor cabang BNI terdekat, isi formulirnya dan lengkapi persyaratannya (seperti kartu identitas atau copy akte kelahiran/kartu pelajar/paspor bagi nasabah berusia 15-17 tahun).


SMS Banking, Internet Banking, dan BNI Debit Online

Baca juga: Domain Baru

Nah, dari sekian banyak fitur yang ditawarkan tadi, saya paling suka (dan paling sering) menggunakan SMS Banking, Internet Banking dan BNI Debit Online. Kalau mau belanja online atau butuh transfer uang tapi lagi males ke ATM, tinggal pakai SMS Banking-nya. Atau kalau tidak mau ribet kirim-kirim SMS, bisa pakai Internet Banking. Cukup kunjungi situs utama BNI, dan login ke akun Internet Banking milikmu. Pastikan sebelum menggunakan kedua layanan ini, kamu sudah mendaftar terlebih dulu di ATM atau kantor cabang BNI ya~

mudahnya belanja dengan BNI Debit Online

mudahnya belanja dengan BNI Debit Online

Selanjutnya adalah fitur favorit saya, yaitu BNI Debit Online atau biasa disebut VCN (Virtual Card Number) BNI. Dengan layanan ini, kita bisa melakukan transaksi di toko online menggunakan VCN sebagai pengganti nomor asli kartu debit BNI berlogo MasterCard, dimana sumber dananya berasal dari rekening/tabungan kita. Jadi serasa belanja pakai kartu kredit tapi lewat kartu debit.

Karena menggunakan VCN BNI ini, saya bisa membeli dan memperpanjang domain blog (langsung di worpdress.com), belanja barang di berbagai toko online, hingga membeli game untuk konsol Nintendo 3DS saya. Pokoknya, saya suka banget deh sama BNI Debit Online ini!


Kira-kira, begitulah gambaran saya tentang pengalaman bersama BNI. Memang sebuah keputusan yang tepat karena sudah memilih BNI dalam berbank. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan selamat ulang tahun kepada Bank Negara Indonesia (BNI) yang ke 70 tahun. Semoga BNI terus bersinergi dalam mengembangkan negeri Indonesia, dan maju terus di dunia perbankan. Bagaimana dengan pengalamanmu dalam menabung?

Salam – Agung Rangga


Catatan: Tulisan ini diikutsertakan dalam “BNI Blogging Competition 70 Tahun BNI”

    1. Hore~
      Toss dulu~

      Balas

  1. Aku sih nasabah BNI jugak, udah pernah nyobak vcn bni sih tapi kayaknya klo ada refund duitnya di balikin ke mana yak?

    Balas

    1. Hmm, kurang tahu juga sih mas. Soalnya belum pernah melakukan refund dari VCN. 😐

      Balas

  2. Saya juga nabung di BNI, Gung…
    Tp sayang itu katanya selalu tingkatkan transaksi sms banking Anda dan menangkan bla bla dr Telkom***** ga pernah dapat. Xixixixi
    Kakak juga dl pernah punya Tapenas selama 3th lumayan Gung..kakak kan ga bs naik motor jd bs DP mobil pakai tapenas wong dl nabung belum.nikah 😆

    Balas

    1. Mungkin kurang banyak transaksi sms banking-nya, kak~ :mrgreen:
      Wah, baru tahu kalau bisa dp mobil pakai tapenas. 😀

      Balas

      1. haduh Gung..hampir semua gajih kakak transaksi lewat SMS Banking…. 😀

        Balas

        1. Praktis banget dong ya~

  3. Aku juga pake BNI. Suka ama pelayananya 🙂

    Balas

    1. Iya, pelayanan dari BNI memang terbaik ya mbak. 😀

      Balas

  4. sy juga nasabah BNI udah dr lma bangeettt

    Balas

    1. Wuiiih, betah ya mbak sama BNI~ 😀

      Balas

  5. Toss sesama pengguna BNI. Persahabatan BNI dengan aneka kampus akrab banget ya Gung.

    Balas

    1. Toss~
      Iya bun, banyak banget kampus yang kerja sama dengan BNI. 😀

      Balas

  6. aku pake bni. buat daftar n nabung naik haji juga pakai bni

    Balas

    1. Hore, emak juga pakai BNI~ 😀

      Balas

  7. Saya masih setia sama mandiri mas soalnya memang buat nyimpen uang yg gak boleh dibelanjain. Potongannya nol rupiah per bulan, jadi kayaknya saya masih akan setia ha ha ha……

    Balas

    1. Wah, berarti fokus buat nabung saja ya mas? 😀

      Balas

  8. nyimak dulu , soalnya saya pakai bank laen

    Balas

    1. Yuk, cobain pakai BNI. 😀

      Balas

  9. untung bukan aku aja yg ternyata pake bank lain, hahahaha.. masih setia sama BRI dan Mandiri, nambah BNI nanti aja deh kalau udah dinikahin nicholas saputra

    Balas

    1. Hihi, mudah-mudahan kesampean ya mbak~

      Balas

  10. Kalau gue, setiap mau nabung banyak saja godaannya yang membuat uang keluar salah satunya beli makanan dan beli kuota :))

    Balas

    1. Hihi, saya juga salah satu godaannya kuota internet~ 😆

      Balas

  11. Suksees lombanya ka! Hihihi

    Balas

    1. Makasih~

      Balas

  12. Tjiee BNI juga, tos dulu ah 😀 lengkap banget nih infonya. Good luck yaa, 🙂

    Balas

    1. Toss~ 😀

      Balas

  13. waah, goodluck yaa buat kamu 😀

    Balas

    1. Terima kasih.

      Balas

  14. Jadi tertarik nih pakai BNI 😀

    Balas

    1. Yuk, jadi nasabah BNI~

      Balas

  15. waahhhgue juga pake BNI gung, dikampus gue Kaartu ATM BNI udah dijadiin satu sama Kartu Mahasiswa gitu. jadi lebih efisien ngk nebalin dompet 😀

    Balas

    1. Kampus saya KTM-nya juga jadi satu dengan kartu ATM BNI. Tapi sengaja bikin baru lagi, khusus buat nabung.

      Balas

  16. Saya punya rekening utk lalu lintas uang aja

    Balas

    1. Seperti hanya untuk transaksi ya?

      Balas

  17. Saya juga nasabah setia BNI
    Termasuk tabungan haji bersama isteri
    Gaji saya juga ditransfer ke BNI
    Terimam kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    Balas

    1. Wiiih, sip deh~
      Terima kasih juga karena sudah mampir, Pakdhe~

      Balas

  18. Wah, kayanya harus coba buka tabungan di Bank ini deh. Belum pernah punya soalnya 🙂

    Balas

    1. Silakan kang~ 😀

      Balas

  19. Aaaahaa 😀 BNI nih rekening pertama yang pernah aku punya waktu kerja dulu 😀 wkwkw

    Balas

    1. Wih, keren mas! Sekarang masih kan?

      Balas

      1. ehehe iyaa dong mas 😀

        Balas

        1. Keren!

  20. Good luck ya Gung. wah gambar ilustrasinya keren bener

    Balas

    1. Terima kasih bun.

      Balas

  21. Dulu tabungan pertama ku saat di kampung yaaa BNI

    Balas

    1. Sekarang masih mas?

      Balas

  22. Menyenangkan sekali mas sepertinya,,,

    Balas

    1. Tentu dong~
      Yuk, pakai BNI~

      Balas

  23. kalo rajin bakal banyak punya simpanan kece dah anak yg suka menabung mantap

    Balas

    1. Terima kasih.

      Balas

  24. dari dulu aku nasabah BNI

    Balas

    1. Sip, deh~

      Balas

  25. saya dulu juga pernah punya atm BNI tapi sekarang sudah tidak terawat 😦

    Balas

    1. Waduh, sayang banget mas…

      Balas

  26. Ini pengalamanku dalam menabung:
    ssszhplblogspotcoid/2016/05/bni-bangun-negara-indonesia.html

    Balas

    1. terima kasih sudah berbagi. 😀

      Balas

  27. Baru setahun-an nih pakai BNI saya.. jadi belum punya banyak cerita dengan bank yang satu ini. Sukses lombanya yaa 🙂

    Balas

    1. Terima kasih.
      Terus setia dengan BNI ya. 🙂

      Balas

  28. Wah baru tahu kalau ada VCN sbg alternatif bagi yang gak punya kartu kredit. Boleh ni buat perpanjang domain saya entar. Oiya itu khusus BNI atau BNI Syariah juga bisa? Thank you sebelumnya

    Balas

    1. Hmm, kurang tahu yang BNI Syariah.
      Mungkin bisa tanyakan CS-nya.

      Balas

      1. Hehe iya yaaa.. entar deh kapan kapan 😀

        Balas

        1. 👍

  29. bener kah potongan bni taplus muda 5.000 rupiah ?

    Balas

    1. Benar kok.

      Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s