Road Blog Bandung

Acara – Road Blog Bandung. Pada tanggal 14 Mei 2016 kemarin, saya berkesempatan mengikuti sebuah acara kumpul blogger-blogger “kece” se-Bandung. Acara yang diselenggarakan di Hotel Best Western Bandung ini dihadiri oleh 100 blogger dan 7 keynote speaker yang siap menambah wawasan saya hari itu. Penasaran seperti apa keseruannya? Yuk, lanjut membaca~


Menuju Hotel Best Western Bandung

Beberapa minggu sebelumnya, saya dapat info dari grup Blogger BDG bahwa akan ada acara untuk para blogger di Bandung. Pas lihat tanggalnya, ternyata berdekatan dengan waktu sidang preview tugas akhir saya. Awalnya saya ragu untuk ikutan, namun karena ini acara kumpul blogger yang cukup besar (di hotel pula!), akhirnya saya daftar juga. Deg-degan juga sih pas menunggu pengumuman peserta acara, soalnya dibatasi hanya untuk 100 blogger saja. Tapi syukurlah, saya mendapatkan kesempatan ini.

Pagi-pagi sekali (sekitar jam 06:00) saya berangkat dari kost dengan menggunakan jasa ojek online. Ternyata, jalanan Bandung pagi itu cukup ramai, ditambah ada acara sepeda santai di sekitar Jalan Riau. Bahkan, abang ojeknya sampai jalan memutar agar tidak bertemu dengan rombongan sepeda santai itu, sementara saya yang buta arah hanya bisa pasrah saja. Pukul 07:19 akhirnya sampai di Hotel Best Western Bandung, yang letaknya persis di depan BIP (Bandung Indah Plaza) di Jalan Merdeka.

Begitu masuk lobi utama hotel, saya bingung apa yang harus dilakukan. Ya sudah, jadinya ke toilet sebentar, lalu duduk-duduk santai di lobi utama, sambil menunggu info lanjutan di grup Blogger BDG. 5 menit kemudian, saya tanya ke resepsionis, dan ditunjukkan jalan menuju ruangan tempat berlangsungnya acara ini (kenapa gak nanya dari tadi ya…). Sampai di ruangan, saya sempat berkenalan dengan beberapa blogger yang juga datang lebih awal. Iya, saya sengaja datang pagi agar dapat kursi paling depan, sehingga puas buat foto-foto dan mendengarkan narasumber bicara lebih jelas.

Baca juga: Popcon Asia 2015


Coffee Break dan Sesi Pertama

Registrasi ulang peserta baru dimulai pukul 07:45, bertempat di lobi depan ruang acara. Di sana akhirnya saya bertemu beberapa teman blogger yang selama ini cuma berteman di dunia maya. Beberapa di antaranya ada Kang Ali Muakhir, Bang AswiTeh Nchie Hanie, serta beberapa blogger lainnya. Syukurlah, ada beberapa yang ingat nama saya karena pernah mengunjungi blog mereka (asik~). Habis registrasi, balik lagi ke ruangan untuk menyaksikan perform musikalisasi puisi.

Acara pun dibuka pukul 09:00 oleh Bang Aswi dan Kang Aldy dari Excite Indonesia selaku pelaksana acara “Road Blog 10 Cities” ini.  Kemudian ada acara berkenalan dengan blogger-blogger yang sudah hadir, dipandu oleh MC kece, si Kang Raja Lubis. Karena masih pagi, mungkin beberapa peserta masih ada yang mengantuk. Makanya, begitu ditawari coffee break selama 30 menit, semuanya jadi langsung semangat! Lumayan, ngopi dan makan cemilan biar gak ngantuk pagi itu~

Setelah cukup ngopi-ngopinya, mulailah acara sesi pertama. Narasumber pertama yaitu Bapak Dody Budiatman dari Lembaga Sensor Film Republik Indonesia, yang memberikan wawasan seputar dunia perfilman Indonesia. Lanjut ke Bapak M. Bari Angga dari Traveloka, yang ngasih banyak info tentang layanan pesan tiket dan hotel berbasis aplikasi. Berikutnya ada Bapak M. Nur Kasan dari Pegadaian, yang memberi info seputar tabungan emas di Pegadaian. Di akhir, ada sesi tanya jawab oleh peserta acara kepada ketiga narasumber.


Makan Siang dan Sesi Kedua

Pukul 12:04 sesi pertama selesai, yang dilanjutkan dengan kegiatan ishoma (istirahat-sholat-makan). Asiiik, makan siang gratis di hotel sekelas Best Western~ Para peserta diarahkan ke restoran hotel yang letaknya 1 lantai dibawah ruang acara. Makanan yang disajikan sangat beragam, dan rasanya ingin saya cicipi semuanya (tahan Gung, tahan~). Akhirnya saya “cuma” makan nasi dengan semur ayam dan tahu, capcay, es kacang merah, salad buah, dan beberapa potong puding.

Setelah kenyang, pukul 13:00 balik lagi ke ruangan. Biar gak ngantuk gara-gara kekenyangan, Kang Aldy bikin ice breaking dengan 3 orang blogger, main sulap dan tebak-tebakan. Kemudian ada perform musikalisasi puisi lagi, yang dibawakan dengan gitar akustik dan instrumen kendi bernama “udu”. Asik banget perform-nya, membuat para peserta blogger jadi lebih bersemangat untuk mengikuti sesi berikutnya.

Di sesi kedua ini, ada dua narasumber yang siap menambah pengetahuan para peserta blogger. Narasumber pertama ada Bapak Sunja Hendianto dari Bank Sinarmas, yang menjelaskan berbagai keuntungan bila menabung di sana, serta mengajak para peserta acara membuka rekening di acara ini. Sementara narasumber kedua ada Ibu Ani Isnawati dari Genflix, yang memberikan info seputar layanan live streaming video dan video on demand secara online. Kemudian ada tanya jawab lagi.

Baca juga: Pekan Seni Mahasiswa Nasional XII (bagian 1)


Sesi Terakhir dan Penutup

Hari menjelang sore, dan selesai sesi kedua (pukul 15:15), para peserta dipersilakan untuk menikmati coffee break lagi biar tidak ngantuk. Kali ini saya minum teh manis dan mengambil beberapa cemilan. Untuk mempersingkat waktu, peserta acara mengambil minuman dan cemilan di lobi tadi, namun dimakan di dalam ruang acara utama. Acara pun dilanjutkan ke sesi terakhir yang diisi oleh dua narasumber utama dari acara Road Blog Bandung ini.

Narasumber pertama yaitu Bang Aswi, seorang penulis, blogger dan content-writer yang dikenal sebagai “sosok itu”. Bang Aswi berbagi tips menulis untuk para blogger berdasarkan pengalamannya dalam dunia blogging dan tulis-menulis. Dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu Kang Arif Gunawan (Kang Argun), seorang SEO-Specialist yang dikenal sebagai “Dewa SEO”. Kang Argun memberikan tips untuk mengoptimasi SEO (Search Engine Optimization) pada blog, yang tentunya sangat berguna buat para blogger yang hadir saat itu.

Foto bersama dengan peserta Road Blog Bandung

Foto bersama dengan peserta Road Blog Bandung [Sumber: Nchie Hanie]

Saya dapat kesempatan bertanya pada Bang Aswi saat sesi tanya jawab, dan mendapat hadiah berupa gelas cantik dari Excite Indonesia. Kemudian acara pun selesai dan ditutup dengan sesi foto bersama dengan semua peserta acara. Habis itu, saya juga mendapat sertifikat dan goodie bag, serta tidak lupa untuk berpamitan pada blogger-blogger kece di sana. Acara Road Blog Bandung ini benar-benar seru dan menyenangkan! Semoga saya juga bisa datang di acara-acara blogger berikutnya~

Pernah mengikuti acara kumpul blogger juga? Bagaimana keseruannya?

Salam,
Agung Rangga

  1. suka banget sama penempatan foto-fotonya, dinamis dan menarik…

    Balas

    1. Nuhun kang. 😀

      Balas

  2. Aku juga ikutan roadblog yang jogja

    Balas

    1. Oh ya? Pasti gak kalah seru ya~
      Ditunggu liputannya~

      Balas

  3. Belum pernah ketemuan gitu…
    Seru banget ya acaranya, makanannya banyak sekali ini wkwkwkw

    Balas

    1. Cobain deh ikutan acara begini, dijamin seru! 😀

      Balas

  4. Yang ada cuma di Bandung sama Jogja ya.. Jakarta mana nih hehe

    Balas

    1. acara ini diadakan di 10 kota loh mbak, kayaknya jakarta termasuk deh. 🙂

      Balas

      1. Oh iya? coba nanti cari infonya lagi.. 🙂

        Balas

        1. Oke~ 🙂

  5. acara yg sama, yg di jogja juga keren banget, pematerinya keren keren semua

    Balas

    1. Ikutan yang di jogja juga mas? 😀

      Balas

    1. Banget~

      Balas

  6. Mantap nih acaranya
    Pastinya juga gayeng ya Mas
    Semoga bermanfaat ilmunya
    Salam hangat dari Jombang

    Balas

    1. Hmm, anu pakdhe, “gayeng” itu apa ya? 😐

      Balas

  7. Wah saya jadi iri gung. Maklum saya blogger dari desa. Acara semacam itu nggak ada di tempat saya ha haha…. Seumur-umur cuma pernah ketemu 2 blogger dari daerah saya.

    Balas

    1. Sayang juga ya, tapi ga apa mas, semoga nanti diadakan acara seperti ini di sana.

      Balas

  8. ini acaranya juga keren banget Gung…
    dapat banyak pengetahuan

    Balas

    1. Iya bun. Apalagi bisa ketemu sama blogger-blogger.

      Balas

      1. sekalian kopdar ya

        Balas

        1. Iya bun, hehe.
          Jadi mau kopdaran sama bunda Monda dan blogger-blogger yang lain nih~

        2. siip..moga2 kta beruntung bisa ketemuan Gung

        3. Asiiik~

  9. halo Agung, salam kenal.
    Kemarin pas acara Roadblog gak sempat kenalan ya kita.

    Balas

    1. Halo teh Uwien, salam kenal juga. 😀

      Balas

  10. seru dan full manfaat banget nih kayaknya acaranya

    Balas

    1. iya dong~ 😀

      Balas

  11. padahal ane orang bandung. kok gak tau ya acaranya…

    nanti kalo ada lagi di bandung kasih tau ya sob…

    Balas

    1. Wah, sayang banget. Sip, lain kali datang ya.

      Balas

  12. Wah ramenyaaa … ada beberapa yang familiar wajahnya.
    Seneng ya, bisa ngumpul sesama blogger Bandung ^^

    Balas

    1. Senang banget dong~ 🙂

      Balas

  13. sudah lama sepertinya saya tidak ikut kopdar atau kumpul bareng Blogger.. terakhir Kopdar Blogger daerah Bukittinggi sepertinya. Kopdar besar mungkin Kopdar Blogger Nusantara 2012

    Balas

    1. Wah, saya malah belum sempat ikutan Kopdar Blogger Nusantara. Pasti lebih seru ya mas. 😀

      Balas

  14. Pengeen banget ikutan road blog, tapi gak pernah kesampean.

    Balas

    1. Mudah-mudahan tahun depan diadakan lagi ya. 🙂

      Balas

  15. Acaranya seru bange yaa… dapet banyak infol & ilmu :).

    Balas

    1. Banget, banget~ 😀

      Balas

  16. Seru ya … kok saya baru baca detil ya

    Balas

    1. Seru banget kang! Tahun depan harus buat acara yang lebih seru lagi ya~ 😀
      Hehe, iya kang, saya suka nulis sampai ke hal-hal yang kecil sih. 😛

      Balas

  17. Weeh komplit banget neh. Seru ya acaranya.

    Salam buat blogger Bandung ya

    Balas

    1. Terima kasih. 🙂

      Balas

  18. Admin AlatBisnis.Com 21 Oktober 2016 pukul 04:45

    Foto-fotonya sangat menarik mas, apalagi foto camilan buat breaknya he..he… Salam kenal ya mas

    Balas

    1. salam kenal juga. 🙂

      Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s