Curhat

Panduan Formulir Pajak LINE Creators Market

Panduan Formulir Pajak LINE Creators Market

Curhat – Panduan Formulir Pajak LINE Creators Market. Untuk kamu yang mau/sedang membuat sticker atau tema untuk dijual di LINE Creators Market, pasti bingung dengan urusan “Application Form for Income Tax Convention”. Berikut ini, akan saya jelaskan apa itu formulir pajak, bagaimana cara mengisi formulir pajak untuk LINE Creators Market, dan cara mengirimnya ke kantor LINE di Jepang.


Apa itu “Application Form for Income Tax Convention”?

Konvensi pajak (tax convention) adalah sebuah perjanjian antara Jepang (sebagai sumber penghasilan) dan negara lain untuk mencegah terjadinya pajak berganda dan penggelapan pajak. Jika sebuah perusahaan atau individu yang tinggal di negara lain menjual stiker melalui Jepang (dalam hal ini LINE Corp.), terjadinya pajak ganda dari pendapatan dapat dihindari dengan mengisi form “Income Tax Convention” ini.

Baca juga: Pengalaman Merilis Sticker LINE

Contohnya, creator yang tinggal di Indonesia harus membayar pajak penghasilan di Indonesia serta membayar pajak pemotongan sebesar 20,42% dari hasil penjualan stiker di Jepang. Setelah mengirimkan Formulir Pendaftaran Konvensi Pajak Penghasilan (Application Form for Income Tax Convention), tarif pajak di Jepang akan dikurangi menjadi 10%. Artinya, uang penghasilan yang akan kita terima nanti tidak akan terpotong banyak.


Bisakah menjual stiker/tema tanpa mengirim formulir pajak ini?

Bisa. Tapi, penghasilan dari penjualan stiker/tema kamu akan dipotong pajak yang lebih besar dibanding kalau kamu mengirim formulir pajak ini. Tanpa mengirim formulir pajak akan dipotong 20,42%, sedangkan jika sudah mengirim formulir pajak akan dipotong 10%.


Bagaimana cara mengisi formulir pajak untuk LINE?

Download formulir pajak di sini. Ada dua cara untuk mengisi formulir pajak ini, yaitu untuk perusahaan dan untuk individu. Pastikan kamu mengisinya dengan benar sesuai panduan. Langkah-langkahnya, silakan lihat dibawah ini.

Mengisi Formulir Untuk Individu

Tata cara pengisiannya adalah sebagai berikut:

  1. Isi bagian nama, alamat dan kewarganegaraan (Indonesia) dengan lengkap.
  2. Isi nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) kamu, atau kosongkan bila belum memiliki NPWP.
  3. Isi negara tempat membayar pajak: Indonesia.
  4. Pilih salah satu dengan tanda centang (√). Pilih “Yes” jika kamu sedang tinggal di Jepang dalam waktu yang lama (tulis juga alasan tinggal, misal bekerja/kuliah), atau “No” sedang jika tinggal di negara lain (Indonesia misalnya).
  5. Isi tanggal dengan format YYYY/MM/DD, contoh: 2016/06/30 (HARUS TULIS TANGAN).
  6. Isi tanda tanganmu (HARUS TULIS TANGAN).

Mengisi Formulir Untuk Perusahaan

Tata cara pengisiannya adalah sebagai berikut:

  1. Isi bagian nama perusahaan menggunakan bahasa Inggris.
  2. Isi alamat dan nomor telepon perusahaan secara lengkap.
  3. Isi nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan.
  4. Isi negara tempat membayar pajak: Indonesia.
  5. Pilih salah satu dengan tanda centang (√). Pilih “Yes” jika perusahaan berada di Jepang dalam waktu yang lama, atau “No” sedang jika perusahaan ada di negara lain (Indonesia misalnya).
  6. Isi tanggal dengan format YYYY/MM/DD, contoh: 2016/06/30 (HARUS TULIS TANGAN).
  7. Isi tanda tanganmu (HARUS TULIS TANGAN).

Bagaimana cara mengirim formulir pajak untuk LINE?

  1. Print formulir pajak tadi masing-masing 2 kali (2 rangkap).
  2. Isi formulir pajak sesuai panduan (lihat di atas).
  3. Buka: https://creator.line.me/id/, login dan masuk ke “Account Settings” dan ambil screenshot/print screen bagian “Basic Information” dari akun kamu dan print sebanyak 1 lembar. Pastikan nomor di bagian “Creator ID” kamu bisa terbaca dengan jelas.

    Contoh screenshot Basic Information
    Contoh screenshot Basic Information
  4. Cek kembali semua berkas, total berkas yang nanti dikirim ada 9 lembar (8 lembar formulir pajak dan 1 lembar screenshot “Basic Information”). Masukkan semua berkas ke dalam amplop cokelat A4.
  5. Print label pengiriman yang bisa kamu download di sini. Tempel di atas amplop yang akan dikirim dan isi sesuai dengan petunjuk. Jangan lupa TULIS CREATOR ID kamu!

    Label pengiriman
    Label pengiriman
  6. Setelah semuanya sudah siap, segera pergi ke kantor pos atau ekspedisi lainnya. Waktu itu saya mengirim formulir pajak ini menggunakan jasa Pos Indonesia. Di kantor pos, saya memilih kirim menggunakan EMS (Express Mail Service), kemudian disuruh mengisi formulir pengiriman dan bayar ongkos kirim sebesar Rp 150.000,-.

Saya sudah mengirim formulir pajak, apa langkah selanjutnya?

Setelah mengirim, kita tinggal menunggu status “Application Form for Income Tax Convention” berubah dari “Not Submitted” menjadi “Submitted”. Cara melihat statusnya dengan masuk ke “Account Settings”, kemudian pilih tab “Transfer Information”.

Baca juga: Pengalaman Bersama BNI

Saya mengirim formulir pajak ini tanggal 13 Januari 2016. Tanggal 9 Februari 2016, saya mendapat email dari pihak LINE yang memberitahu bahwa formulir pajak saya sudah diterima oleh mereka, sehingga status saya berubah dari “Not Submitted” menjadi “Processing”. Akhirnya tanggal 3 Maret 2016, saya kembali mendapat email dari LINE yang memberitahu bahwa status formulir pajak saya sudah berubah menjadi “Submitted”. Jadi, perlu waktu sekitar 3 bulan untuk proses approval formulir pajak ini.


Nah, kira-kira begitulah panduan formulir pajak LINE Creators Market ini. Semoga bermanfaat untuk kamu dan creator stiker/tema lainnya. Terus semangat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam,
Agung Rangga


Update:
Dapat info tambahan nih dari Irham Mustofa di kolom komentar, bahwa nomor telepon LINE CORP adalah: (81) 3-5155-1008. Jadi buat kamu yang mau kirim berkasnya via kantor pos, bisa memberikan nomor telepon ini.

Iklan

83 comments on “Panduan Formulir Pajak LINE Creators Market

  1. Gan, mau tanya nih. saat saya mau mengirimkan dokumen melalui kantor pos Indonesia saya diwajibkan untuk mengisi form yang harus diisi dengan nomer telpon penerima dan kode pos.
    untuk kode pos apakah saya isi dengean 812-0012?
    untuk nomor telpon saya sudah coba gugling tapi tidak menemukan. kalau waktu itu agan isi no telponnya berapa? (sekalian bisa jadi informasi untuk pembaca yang lain juga).

  2. nandaka

    gan.. untuk sementara kan saya nggak pake “Application Form for Income Tax Convention, biar dipotong banyak gak pp 😥 . Tapi payment request naya koq ttp nggak bisa di klik ya.??
    Keterangan jumlah uang yanag akan ditransfer setelah di potong pajak sudah muncul, cuman “Payment Request” nya nggak bisa diklik.
    Mohon pencerahan nya, matur suwun.. 🙂

    • Hmm, kalau gak salah sih tombol “Payment Request” baru bisa diklik setiap tanggal 10 per bulannya. Coba saja di cek lagi nanti. 🙂

  3. Ok.. makasih. Pas tanggal 10 baru bisa di klik. 🙂

  4. “serta membayar pajak pemotongan sebesar 20,42% dari hasil penjualan stiker di Jepang.”

    misi gan rangga, mau nanya dong.. misal saya jual sticker-nya hanya untuk region Indonesia, apakah perlu isi form tax convention juga?
    sedangkan penjelasan di atas kena potong 20.42% klo jualan di region jepang.

    Thanks,
    Yahya

    • Form pajak ini tidak wajib kok. 😊
      Bukan, maksudnya itu kebijakan dari jepang, dan berlaku untuk sticker di semua region. 😅

  5. Gan mau tanya jadi semuanya jadi 9 Dokumen yah… 2 x 4 Tax Convention + 1 Gambar screenshot…?? benar kah?

    Terus 1 lagi : dibagian Full Name itu diisi nama kita atau nama di basic information bagian “Name of Applicant”? Thanks

  6. id di label pengiriman harus tulis tangan atau boleh diketik thanks

  7. Thank bgt infonya gan..
    Gan barangkali bisa bantu untuk no.telfon kine fukuoka nya Gan..

    Aye 3x di tolak pos n ekspedisi karena ga ada no.telp.

    Mohon bantuannya Gan.
    Saya googling n pake fasilitas line contact tapi belum ada hasil nih gan.

    Thanks bgt gan

  8. thanks gan udah jadi submitted skrg , prosesnya cepet banget , sukses terus gan!

  9. cuma segitu ngisinya gan? perasaan masih banyak from yang kosong?
    Mohon pencerahannya 🙂

  10. ngisinya semuanya harus pake tulisan tangan ya gan?

  11. Nanya dong, kalau misalnya sticker sudah publish duluan, tapi form pajak belum dikirim/di-accept/jadi ‘submitted’, itu gimana ya? Apa sistem pembayarannya nanti bisa berubah di tengah penjualan sticker? Jadi misal di bulan keempat dst pajak menjadi ringan (karena sudah dalam status ‘submitted’) gitu. Thanks!

  12. mau bagi2 info, banyak yang nanya no telepon pihak LINE. berdasarkan di website bloomberg.com/research/stocks/private/snapshot.asp?privcapId=47023047 dan nasdaq.com/markets/ipos/company/line-corp-996550-81092, no tlp LINE corp adalah 81 3 5155 1008

    semoga bermanfaat 🙂

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: