Hari Blogger Nasional

Blog – Hari Blogger Nasional. Setiap tanggal 27 Oktober, para blogger di Indonesia merayakan Hari Blogger Nasional. Ngeblog itu seperti menuangkan segala isi pikiran (dan hati) dalam setiap tulisan yang dipublikasikan lewat media bernama blog. Dan asiknya, apa yang kita tulis bisa dibaca oleh semua orang, dan siapa tahu kalau tulisan ini bermanfaat bagi si pembaca.

Oh, sekilas tentang hari blogger nasional, dikutip dari Kompas Tekno, hari blogger nasional ini pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Dan setelahnya, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional. (sayang ini bukan tanggal merah, huhuhu…)

Awal Ngeblog

Untuk memperingati hari blogger nasional ini, saya ingin kilas balik pengalaman pertama saya menulis di blog. Awal banget mengenal blog itu pas masih SMA, sekitar tahun 2010-an. Blog saya yang pertama awalnya beralamat agungrangga[dot]wordpress.com. Isinya masih copy-paste sana-sini, karena waktu itu bingung mau nulis apa di blog. Ujung-ujungnya, blog ini saya jadikan semacam catatan dari apa saja yang saya temukan di internet.

Selang beberapa bulan, saya ubah nama blog tadi menjadi “PopNote” yang beralamat popnote[dot]wordpress.com. Di sini saya mulai mengisi blog dengan tulisan saya sendiri. Isinya pun beragam, mulai dari curhatan, pengalaman, hingga kisah cinta ala-ala remaja (ada yang masih ingat?). Tapi, masih ada beberapa yang copy-paste artikel juga sih (soal kesehatan, teknologi, dll), namun sudah agak jarang. Saya pun mulai mendapat banyak teman baru lewat blogwalking, bahkan sempat kopdar (kopi darat/ketemu langsung) sama beberapa teman blogger.

WordPress vs Blogger

Setelah bertahun-tahun ngeblog di PopNote, tahun 2014 saya iseng membuat blog baru beralamat gungrangga.wordpress.com (blog ini!). Rencananya isi PopNote akan dipindah ke blog baru ini, namun yang terjadi adalah kedua blog saya kena suspend (ditahan) oleh WordPress.com (baca tulisan lengkapnya di sini: WordPress: Account Suspended!). Hingga akhirnya saya hijrah ke platform Blogger untuk sementara waktu, dengan alamat blog gungrangga[dot]blogspot.com.

Pengalaman nulis di Blogger ternyata tidak seenak di WordPress.com, terutama post editor-nya yang lebih bagus di WordPress.com. Biarpun begitu, asiknya ngeblog di Blogger adalah kita bisa mengutak-atik tampilan blog sesuka hati. Bahkan, saya bisa memasang template dari pihak luar, dan mengubah desainnya semau saya. Hal ini tidak bisa saya lakukan di WordPress.com, karena di sana cuma disediakan tema yang terbatas saja (walaupun ada yang gratis dan berbayar sih).

Tragedi Ngeblog

Ngeblog di Blogger cuma bertahan sebentar, karena saya sangat kangen dengan suasana ngeblog di WordPress.com. Blog PopNote pun sudah dicabut penahanannya, begitu pula blog ini. Tadinya semua tulisan di PopNote mau dipindah ke Blogger, tapi ternyata gak bisa karena formatnya berbeda. Akhirnya blog yang di Blogger dihapus, dan tulisan yang di sana dipindah ke blog ini.

Lalu, dengan “pede”-nya saya hapus blog PopNote dari dunia maya. Saya pikir, waktu itu saya sudah punya file backup tulisan di laptop saya, jadi aman-aman saja untuk menghapus PopNote. Ternyata takdir berkata lain. Laptop saya rusak dan semua data terhapus, termasuk file backup dari blog PopNote yang belum sempat saya upload ke blog ini. Damn. (kisah lengkapnya bisa dibaca di sini: Memori Yang Hilang)

Upgrade Blog

Setelah itu, mulai Juli 2o14 (hingga sekarang) saya kembali ngeblog di blog ini. Setelah kehilangan ratusan tulisan di PopNote, ngeblog dari nol lagi rasanya menyakitkan sekali. Awal-awalnya saya kurang bersemangat untuk menulis, namun berkat dukungan teman-teman blogger, saya jadi bisa move-on dari PopNote. Bahkan, saya memutuskan untuk lebih serius dalam dunia blogging dengan membeli domain premium “.com” untuk blog ini, dan menyisakan sebagian uang untuk memperpanjangnya setahun sekali. (baca di sini: Domain Baru)

Belum puas di sana, saya sempat beli tema premium di wordpress.com. Iya, hobi saya sejak ngeblog di PopNote adalah seringnya gonta-ganti tema dan tampilan ngeblog. Karena saya orang yang suka berkreasi, jadi begitu ada tema baru diluncurkan oleh WordPress.com, langsung buru-buru saya coba terapkan di blog saya.

Untuk mencegah tampilan blog ini berubah-ubah lagi, Tahun 2015 kemarin saya beli tema premium bernama “Pocket”. Saya suka tema ini karena tampilannya yang minimalis, tanpa sidebar, dan mirip seperti Tumblr. Namun, lama-lama saya merasa membutuhkan adanya sidebar, juga sedikit elemen-elemen tambahan di blog. Akhirnya, beberapa hari yang lalu (4 Oktober 2016) saya kembali beli tema premium “MH Magazine” yang dipakai saat ini. Tampilan blog pun jadi berubah 180 derajat, jadi lebih ramai dan meriah. Semoga saja ini tema terakhir untuk blog ini.

Harapan Ngeblog

Setelah hampir 6 tahun menjalani pahit-manis dunia blogging, saya rasa inilah saatnya untuk saya lebih serius menekuni hobi ngeblog ini. Saya ingin agar blog ini tidak sekedar menjadi wadah curahan hati dan obrolan tidak jelas saja. Saya berharap agar blog ini bisa membantu menyalurkan aspirasi, ide, dan pengalaman saya yang mungkin nantinya akan berguna untuk orang lain. Sederhana sih, tapi sangat penting untuk saya.

Semoga saja di hari blogger nasional ini, makin banyak blogger-blogger Indonesia yang juga berkarya dan saling berbagi lewat media blog. Oh iya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua teman-teman blogger yang sudah menemani saya di dunia maya ini, semoga saja kelak bisa bertemu juga di dunia nyata. Jadi, bagaimana dengan pengalaman ngeblog-mu?

Salam,
Agung Rangga

  1. bagi saya, ngeblog di wordpress memang jauh lebih nyaman daripada pakai blogspot. tapi sekarang saya malah pindah dari wp ke blogspot. haha

    Balas

    1. Lah, kenapa pindah mas? 😂

      Balas

      1. pengen pakai self domain tapi males beli hosting 😀

        Balas

        1. Owalah~

  2. Tapi hari blogger nasional tahun ini kayaknya lebih sepi. Seharusnya ada kegiatan apa kek buat wadah blogger memperingatinya.

    Saya aja baru tadi siang tahu klo ada hari nasional blogger ha ha ha…. Kurang sosialisasi kayaknya.

    Balas

    1. Saya juga baru pagi ini tahu hari ini Hari Blogger Nasional.
      Dulu-dulu sempat ada acara “Pesta Blogger” sih, tapi sekarang kayaknya gak ada ya.

      Balas

  3. Wah aku dulu awal ngeblog juga gitu, suka copas trus curbatan ga jelas gitu.
    Masih labil banget malah gonta-ganti 5 kali deh. Iya aku dulu juga suka banget gontaganti templete tapi yg di blogspot sih. Tapi yang masih diurus sampek skrang cuma 2. Yang blog wordpess ini sama yang blogspot tapi namanya sama. Coba deh kalo nganggur mampir hahaha.

    Balas

    1. Hahaha, gonta-ganti template blogger memang menyenangkan ya~

      Balas

  4. Keren perjalanan ngeblognya, sampai hilang ratusan tulisan gitu. Tetap semangat, oiya selain Hari Blogger Nasional, hari juga diperingati sebagai Hari Listrik Nasional.

    Balas

    1. Iya, ada Hari Listrik Nasional juga~

      Balas

  5. Selamat Hari Blogger Nasional! Gua juga dulu waktu mau pindah dari Friendster ke Blogger, mencoba memindahkan tulisan-tulisan lama gua, tapi ga bisa. Jadinya ya udah, start lagi dari nol hehehe. Kalo cerita lengkap soal pengalaman gua ngeblog, ada tuh di blog gua, silakan baca sendiri kalo berminat hehehe.

    Balas

    1. Hihihi, dulu saya pakai friendster cuma nulis “shoutout” doang, gak sampai nulis panjang-panjang~

      Balas

  6. Pengalaman migrasinya banyak juga yak.

    tapi emang sih Gung, blog kamu tampilannya bagus.
    Anak muda yang kretatif…

    Balas

    1. Terima kasih mbak.

      Balas

  7. perjalanan nge blog ku… ehhmm,, saya juga sempat pindah2 platform dulu Gungg hanya saja untuk kontennya aku ga sekonsisten orang2 hahaha, tergantung mood dan kondisi…

    Balas

    1. Saya juga nulis tergantung mood dan kondisi kok~

      Balas

  8. Selamat Hari Blogger Angga. Tampilan blog Angga emang seru siih. Dan paling asyik mempercantik blog dengan sentuhan tangan kt sendiri 🙂

    Balas

    1. Terima kasih mbak.

      Balas

  9. Selamat Hari Blogger, kakak! Semoga sukses ya ngeblog nya 😀

    Balas

    1. Terima kasih, sukses juga ya~

      Balas

  10. Gung….blog-nya kan isian tentang si itu…kemana si itu Gung….
    Kok Agung gak seruh lagi nie ga pernah cerita-cerita tentang si dia “ehem”
    Kalau udah ganti nama ya diganti gapapa, tapi lucu cerita Agung tentang si “ehem” itu…

    Balas

    1. Hihihi, mbak Hani masih inget ya~ :p
      Saya udah lama banget berpisah sama si itu, dan sampai sekarang masih sendiri, hiks… 😥

      Balas

      1. Ya inget dong…kan itu yang bikin rajin baca cerita Agung…khas curcolannya xixixiixi

        Balas

        1. Ahahaha, duh, itu curcolan jaman alaaay~~~

        2. Lebih dari dalam hatai kok Gung…he he he

        3. Duh, jadi malu…

  11. Saya juga awal nya menulis di blogger, tapi berhubung fitur blogger terlalu minim dan tidak ada kemajuan saya jadi agak bosan menulis disana. Jadilah saya hijrah ke wordpress, di sini saya lebih mudah berhubungan dengan teman2 blogger lain nya 🙂
    Saya agak sedih pesta blogger udah engga diadakan lagi sekarang.. padahal saya inget banget dulu waktu awal ngeblog pas masih SMP saya dateng ke acara pesta blogger dan itu seru bangett
    Sekarang yang lagi hits youtube ya, coba ada ada acara kumpul blogger lagi kaya dulu 🙂

    Balas

    1. Wih, serius pernah ikutan pesta blogger? Keren banget!
      Betul, mudah-mudahan ada acara sekeren pesta blogger lagi.

      Balas

  12. Yahhhh sayang bgt itu tulisan2 yg di popnote 😦

    Balas

    1. Iya mbak, mau bagaimana lagi…

      Balas

  13. wuahhh agung sejak SMA udah ngeblog, aku masih sibuk ngeles waktu SMA :p selamat hari blogger nasional ya

    Balas

    1. Iya mbak, walaupun waktu itu masih belum seaktif sekarang sih.

      Balas

  14. Selamat hari ngeblog Gung. Sukses selalu, dan semoga konsisten dengan kartun-kartunnya

    Balas

    1. Terima kasih mas.

      Balas

  15. Lam kenal gung….wahhh ternyata lebih enak di wp ya ngeblog nya? Banyak yg pindah ke wp belakangan ini. Tapi aku gaptek…males pindah2…hahaha. selamat hari blogger nasional anyway..

    Balas

    1. Salam kenal juga.

      Balas

  16. wah gung ternyata pindah2 terus ya..
    bunda ingat dong yang Pop Note dan yang di blogspot..
    karena sempat gantiin broken link yang dari blogspot…

    karena ditanyain … udah pasti ingat kisah kasih berseri menuju pura di daerah Puncak itu he..he… ,, apa kabarnya dia sekarang?

    Balas

    1. Iya nih bun, semoga gak bakal pindah-pindah lagi.
      Hihi, ternyata masih ingat ya Bun.

      Balas

  17. Makin lama hari perayaan blogger nasional makin sepi. Perlu terobosan oleh pihak yang peduli untuk menggairahkan perbloggeran ini.

    Balas

    1. Betul banget!

      Balas

  18. Awal ngeblog tahun 2010 saya lebih banyak posting curhatan khas emak 2 rempong. kemudian mulai menekuni nulis fiksi sampai akhirnya lahir satu antologi dan satu novel Indie kemudian beberapa bulan lalu lahir lagi satu novel bukan indie. Bahkan Ada versi ebooknya.

    Pasang surutnya Ada juga bahkan beberapa kali ganti platform. Pernah nyobain blogger juga dan masih Ada bekasnya sampai saat ini(marazaantology.blogspot. co.id)

    Terakhir pakai WordPress dan merasa nyaman di situ. Sayangnya mesti saya hapus karena sesuatu hal dan nyeselnya Ada artikel Yang belum sempat saya save di laptop. Padahal itu fiksi Yang terhubung dengan fiksi penulis lain. Hiks… 😭😭😭

    Balas

    1. Wow, keren banget pengalaman ngeblognya, Bun. 😀
      Duh, sayang banget dihapus… 😦

      Balas

  19. Wah, sayang banget ya dengan ratusan file yang hilang. Salam kenal dari blogger newbie. 🙂

    Balas

    1. Salam kenal juga. 🙂

      Balas

  20. Selamat hari blogger.. semoga makin sukses…

    Balas

    1. Sukses juga ya mas. 🙂

      Balas

  21. Udah tahun ke 10 to Hari Blogger Nasional itu…
    Enak theme yang ini Gung…

    Balas

    1. Makasih kak Una! 😀

      Balas

  22. Awal aku ngeblog dulu juga kutip dari majalah trus kutulis di blog. Masih nggak ngerti waktu itu 🙂

    Balas

    1. Wah, rajin sekali bun! 😀

      Balas

  23. waaah udah suhu nih…saya baru ngeblog Oktober 2015 mas. Salam kenal yaaa

    Balas

    1. Hahaha, suhu berapa derajat nih?
      Salam kenal juga.

      Balas

  24. Hallo Kak. kalau boleh tahu, kaka diaman ya tempat wordpress yang gratisan templatenya kak.. tempalate yang bagus gitu kaka.. 🙂

    Balas

    1. Agung Rangga 2 Mei 2017 pukul 11:12

      Maksudnya tema wordpress?
      Paling saya sih nyari langsung di wordpress.com aja, kan banyak tuh tema-tema gratisannya. 😅

      Balas

  25. Hai! Selamat hari blogger nasional ya!

    Balas

    1. Selamat hari blogger nasional juga. 😀

      Balas

  26. Kalau setiap perayaan dijadikan hari libur, 365 hari dalam setahun kita libur terus. Karena jumlah perayaan (hari apa pun) lebih banyak daripada jumlah hari dalam setahun. wkwkwk

    pengalaman ngeblog? kayanya sudah pernah saya tulis, tapi mungkin sudah dua atau tiga tahun lalu. 😀

    Balas

    1. Ahahaha, iya juga ya. 😀

      Balas

  27. Tema yang ini lebih enak untuk kenyamanan pengunjung ny mas agung
    sungkem sama senior nih hehehe
    aku 2010 udah kenal blog tapi belum ngerti mau di apain ahahaha

    Balas

    1. Syukurlah kalau begitu, semoga saya bisa pertahankan tema ini ya. 😀
      Duh, saya juga masih belajar kok. 🙂

      Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s