Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1)

KuliahSemester Akhir di DKV. Menjadi mahasiswa tingkat akhir itu seru sekaligus menegangkan! Saya harus mempersiapkan diri untuk berjuang selama satu semester ke depan. Mulai dari memperbaiki nama, menghitung TAK, hingga mengikuti tes EPrT. Setelah itu juga membuat proposal TA, menentukan judul TA, hingga melakukan bimbingan sampai Sidang Preview 1 tiba.

Pra Tugas Akhir

Dimulai dari sosialisasi TA (Tugas Akhir) yang diadakan di akhir tahun lalu (8 Desember 2015). Di aula fakultas, semua mahasiswa jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) sudah berkumpul di sana. Mereka mendengarkan pengarahan dosen tentang apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang tugas akhir. Ada beberapa hal penting yang harus mahasiswa lakukan sebelum mengambil matkul ini.

Setelah sosialisasi tersebut, saya buru-buru ke layanan akademik fakultas untuk memperbaiki nama saya. Iya, soalnya di database kampus, nama saya cuma ditulis “I Gusti Agung R.L.”, yang seharusnya ditulis lengkap “I Gusti Agung Rangga Lawe”. Selain nama, saya juga melengkapi biodata di database kampus, dan prosesnya memakan waktu sekitar seminggu.

Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan

Selanjutnya adalah tentang TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan), yaitu ukuran aktivitas ekstra/intra/ko-kurikuler mahasiswa, sebagai salah satu bentuk penghargaan yang berhak diperoleh mahasiswa berdasarkan aktivitasnya. Aktivitas yang dimaksud bisa berupa kegiatan di dalam/luar kampus, kompetisi/lomba, organisasi, dan lain-lain.

Tiap aktivitas memiliki poin yang sudah ditetapkan oleh kampus, mulai dari 1 hingga 50 poin. Salah satu syarat untuk ikut sidang akhir adalah harus memiliki minimal 60 poin TAK! Astagaaa, saya kan orangnya malas banget ikutan kegiatan kampus! Gimana caranya dapat poin TAK segitu?! Jujur, pas sosialisasi TA kemarin saya benar-benar takut…

Nah, saya kumpulkan deh semua sertifikat-sertifikat yang pernah saya peroleh dari seminar, kegiatan kampus, hingga perlombaan. Ada sekitar belasan sertifikat yang saya miliki selama hampir 4 tahun kuliah. Pas saya input data sertifikat untuk poin TAK, ternyata poin TAK saya 81!!! Matur suksma Hyang Widhi… *nangis bahagia*

Baca juga: Kuliah Semester 7 di DKV

English Proficiency Test

Kemudian, di sela-sela melaksanakan UAS 7 (Ujian Akhir Semester 7) saya dan teman-teman sibuk daftar tes EPrT (English Proficiency Test), semacam tes TOEFL gitu lah. Mahasiswa yang mau lulus, wajib memiliki skor EPrT di atas 450. Bila sudah 3 kali gagal mendapat skor segitu, maka mendapat surat rekomendasi dari kepala prodi (surat pemakluman).

Teman-teman saya banyak yang jauh-jauh hari belajar untuk tes EPrT ini, baik lewat kursus atau mengerjakan bank soal. Sementara saya, cuma iseng-iseng jawab soal di situs tes TOEFL online gratisan, pas semalam sebelum tes. Saat hari tes tiba, saya kerjakan semaksimal mungkin soal EPrT tersebut. Syukurlah, skor EPrT saya ternyata 537! (sumpah, gak nyangka bisa dapat segini…)

Preview 1

Beres ngurusin TAK dan EPrT, memasuki bulan Januari 2016 saya mulai membuat proposal TA. Tiap mahasiswa wajib membuat 3 proposal dengan judul TA berbeda, biar bisa punya alternatif bila salah satunya ditolak. Mahasiswa bisa berdiskusi dengan dosen pembimbing TA masing-masing untuk memilih judul TA yang akan dibuat.

Judul Tugas Akhir

Dosen pembimbing saya untuk TA ini adalah Pak I Dewa Alit Dwija Putra (Pak Dwija). Saya bersyukur sekali dapat dosbing beliau, karena ketiga judul TA saya bertema seputar ajaran Hindu. Setidaknya, beliau pasti bisa membimbing saya dengan maksimal, karena sama-sama Hindu dan paham soal ajaran Hindu ini.

Judul tugas akhir saya yang terpilih adalah “Perancangan Buku Cerita Bergambar Dengan Tema Ajaran Hindu Sad Ripu”. Alasan saya memilih judul tersebut karena saya ingin agar anak-anak Hindu memiliki buku bacaan menarik, yang mengandung nilai-nilai agama. Buku cerita bergambar (cergam) dipilih karena inilah media yang mampu saya buat dengan baik (karena isinya ilustrasi + cerita).

Baca juga: Kuliah Semester 6 di DKV

Bab 1 & Bab 2

Begitu judul sudah ditentukan, maka mulailah mahasiswa melakukan bimbingan TA dengan dosbing. Mulai dari awal semester hingga sidang akhir, mahasiswa wajib melaksanakan bimbingan minimal 14 kali. Dalam tugas akhir ini terdapat 4 sidang yang harus dilalui oleh kami, yaitu 3 “Sidang Preview” dan “Sidang Akhir”. Sidang Preview itu semacam sidang kelayakan sebelum Sidang Akhir, dan harus dilaksanakan 3 kali.

Dari awal semester hingga Sidang Preview 1 membutuhkan waktu selama 4 minggu, dan minimal sudah bimbingan sebanyak 3 kali. Untuk bimbingan sebelum Sidang Preview 1 ini, kami disuruh membuat Bab 1 dan Bab 2 dari skripsi. Bab 1 berisi latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan perancangan, cara pengumpulan data & analisis, kerangka penelitian, dan pembabakan. Sementara Bab 2 berisi dasar pemikiran berupa teori-teori yang akan dipakai.

Pas membuat Bab 1, saya mengalami beberapa kali revisi di bagian “latar belakang”-nya. Habisnya, membuat latar belakang itu susah banget sih, harus benar-benar padat dan jelas, gak boleh kepanjangan atau kependekan. Kalau isi Bab 2, saya banyak baca buku-buku seputar desain di perpustakaan kampus, lumayan deh meskipun jumlahnya sedikit. Kalau pun kurang, biasanya saya cari referensi jurnal-jurnal desain di internet.

Baca juga: Kuliah Semester 5 di DKV

Sidang Preview 1

Setelah 4 minggu terlewati, hari sidang preview 1 pun tiba (26 Februari 2016). Karena ini sidang pertama, saya merasa sedikit gugup…  Tiap mahasiswa sudah mendapat jadwal sidang masing-masing, dan kalau gak salah saya kebagian pagi-pagi. Sidang pertama ini hanya dengan dosbing saja, tanpa dosen penguji. Sidangnya pun cuma dilakukan di meja dosbing, di ruang dosen.

Semalam sebelum sidang, saya sudah menyiapkan slide presentasi yang berisi materi dari Bab 1 dan Bab 2 skripsi saya. Pas selesai presentasi di depan dosbing, beliau memberikan saya beberapa saran seputar apa yang saya jelaskan. Saya pun dinyatakan LULUS dari sidang preview 1 ini, dan lanjut ke tahap berikutnya. Sidang Preview 2 dan 3 pasti bakal lebih seru lagi!

Lanjut ke: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)


Oke, ini adalah pengalaman saya pas melaksanakan tugas akhir dari studi S1 saya di DKV Universitas Telkom. Pada bagian awal ini, cuma sampai sidang preview 1 saja, soalnya kalau kepanjangan, nanti capek bacanya~  Saat tulisan ini diterbitkan, saya sudah lulus dan sedang menunggu wisuda di akhir bulan November 2016. Terima kasih sudah membaca~

Salam,
Agung Rangga

  1. Selamat… sudah lulus…

    Balas

    1. Terima kasih mbak Momo~ 😀

      Balas

  2. Semangat ya! Dulu pas TA, gua juga sidangnya sampe 4x, hehehe. Tapi in the end, nilai akhirnya memang tidak mengkhianati kerja keras gua hehehe

    Balas

    1. Betul banget Ko, nilai berbanding lurus sama usaha kita~ 😀

      Balas

  3. Congratss Gungg,, finally you made it yahh… dulu pas abis sidang dan menunggu wisuda, rasanya kayak bebas dari penjara hahhaa, kerjaannya ketawa2 muluuu

    Balas

    1. Thank you, mbak!
      Betul banget, rasanya legaaaa~~~

      Balas

  4. judul skripsinya Gung, saya suka. 🙂
    selamat menunggu wisuda. 🙂 semoga ilmunya bermanfaat utamanya untuk diri sendiri.

    Balas

    1. Makasih mbak~
      Amiiin~

      Balas

      1. perasaan dulu tau agung masih SMA, eh sekarang sudah lulus kuliah aja. 😀

        Balas

        1. Iya nih, hahaha~

  5. Ada tes english juga ya … keren

    Balas

    1. Iya kang, hehe.

      Balas

  6. Aku kemaren juga ada sejenis toefl gitu. Hmm belum tahu hasilnya sih tapi beneran ga belajar sama sekali. Hahaa semoga keberuntungan berpihak sih haha
    Duh aku masa-masa genting pembuatan TA juga, rasanya pffftt banget deh. Ditunggu part berikutnya kak

    Balas

    1. Wah, lagi bikin TA juga ya? Semangaaat! 😀

      Balas

  7. Selamat sudah lulus… Eniewei karakternya lucu… bisa buat brand icon sendiri. Cool. Lanjutkan…

    Balas

    1. terima kasih~ 🙂

      Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s