Farewell Party

Kuliah – Farewell Party. Kelulusan tidak lengkap rasanya bila tanpa ikut acara perpisahan a.k.a farewell party. Selain menghadiri dua acara perpisahan sekaligus, banyak juga loh yang saya lakukan setelah sidang akhir kemarin. Mulai dari daftar wisuda, ikutan gladiresik, dan bayar ini-itu. Apalagi, kondisi badan saya waktu itu sedang tidak bagus, duh…

Pasca Sidang Akhir

Setelah dinyatakan “LULUS” di sidang akhir kemarin, ternyata masih banyak hal yang harus dilakukan menjelang wisuda. Saya kira habis sidang akhir bisa leyeh-leyeh, ternyata tidak (huhuhu… ). Hal pertama yang saya lakukan adalah melaksanakan bimbingan pasca sidang akhir, tentu saja untuk memperbaiki laporan skripsi setelah mendapat banyak revisi dari dosen penguji. Padahal cuma sekali bimbingan sih.

Semua data laporan skripsi dan karya dikumpulkan berupa softcopy yang dimasukkan ke dalam CD, jadi gak ada lagi buku laporan skripsi hard-cover segede-gede kamus~  Oh iya, tiap mahasiswa yang akan wisuda juga wajib membayar uang wisuda sebesar satu juta rupiah (yang entah buat apaan), serta menyumbang satu buah buku ke perpustakaan kampus sesuai program studinya masing-masing (saya kasih aja buku “Bisnis Desain”-nya Surianto Rustan).

Selanjutnya adalah proses daftar wisuda yang dilaksanakan di kampus, hanya mengisi form dan mengumpulkan tanda tangan serta cap aja sih. Setelah selesai daftar, baru deh mendapatkan berita acara wisuda. Tanggal 3 November 2016, saya ke kampus untuk bayar lagi sebesar 15 ribu buat mendapatkan legalisir ijazah serta mengecek sekaligus tanda tangan ijazah. Kalau dihitung-hitung, sering banget saya bolak-balik Bekasi-Bandung, untung aja kost saya masih berlaku hingga tahun depan.

Baca juga: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 3)

Gladiresik Wisuda

Tanggal 19 November 2016, tiba-tiba saya kena flu lagi, damn . Karena sudah mendekati minggu wisuda, lusanya (21 November 2016) saya kembali menginap di Bandung. Besoknya saya mengambil ijazah plus baju dan topi toganya (bayar lagi 200 ribu). Iya, saya pun kaget kalau ternyata ijazah diambil sebelum wisuda!  Mungkin biar selesai wisuda gak usah capek-capek balik lagi ke kampus kali ya? Kasihan sih buat yang rumahnya jauh dari Bandung kalau harus bolak-balik begitu.

gladiresik wisuda

gladiresik wisuda

Hari kamisnya (24 November 2016) saya dan para calon wisudawan lainnya hadir di gedung Telkom University Convention Hall (a.k.a gedung “keong” ) untuk melaksanakan gladiresik wisuda. Sebenarnya cuma dikasih tahu peraturan serta alur acara wisudanya doang sih. Selesai acara gladiresik, saya pergi ke gedung fakultas saya untuk mengambil undangan wisuda buat orang tua. Ternyata undangan bagi orang tua wisudawan yang cum laude dibedakan dengan undangan wisudawan yang lulus biasa.

Baca juga: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 2)

Farewell Party Fakultas

Jam 16:00-an, saya dan teman-teman berkumpul di depan gedung fakultas untuk menghadiri acara farewell party yang diadakan fakultas. Di depan pintu masuk gedung FIK (Fakultas Industri Kreatif) didirikan tenda dengan deretan kursi-kursi buat para tamu undangan. Selain itu, ada juga meja-meja berisi berbagai macam makanan dan minuman. Acaranya kebanyakan berisi sambutan-sambutan dari dekan dan kaprodi.

farewell party fakultas

farewell party fakultas

Selain itu, beberapa “mahasiswa berprestasi” dari masing-masing program studi juga naik ke atas panggung untuk memberikan kesan-kesan selama kuliah di sini. Pas giliran mahasiswa berprestasi dari prodi DKV, tiba-tiba nama saya yang disebut, lengkap dengan IPK plus nama-nama perlombaan yang pernah saya ikuti!  Karena gak ada persiapan apapun, saya pun bicara seadanya aja di atas panggung, di depan dekan dan para kaprodi, dosen dan calon wisudawan. Rasanya ingin pingsan…

Baca juga: Kuliah Semester Akhir di DKV (Bagian 1)

Farewell Party DKV Manajemen Desain

Selain itu, adik-adik angkatan di bawah saya (yang jurusan DKV Manajemen Desain tentunya) juga sudah menyiapkan acara perpisahan untuk kami para calon wisudawan. Acaranya menggunakan konsep “bohemian style” ala-ala hippies gitu (saya yang cuma melihat di google jadi agak geli… ). Tadinya bingung sih mau ikut atau nggak, tapi berhubung acara ini gak diadakan tiap hari, jadi ya ikutan aja deh~ Bayar lagi 80 ribu.

Jam 18:00 saya pulang dari farewell party di kampus, dan bersiap untuk pergi ke acara farewell party khusus DKV Manajemen Desain. Waktu itu saya berangkat bareng teman saya: Awang, dengan naik motor menembus jalanan kota Bandung yang sore itu lumayan padat . Acaranya diadakan di Buttons Eatery, semacam cafe yang terletak di Jalan Pelajar Pejuang. Waktu itu, kami berdua adalah orang yang pertama datang di sana. Astaga, padahal kami kira sudah telat…

Tempatnya lumayan nyaman, dan makanan-makanan di sana juga cukup enak . Acara farewell diisi oleh sambutan, permainan-permainan kecil, dan bikin video “mannequin challenge” yang sedang hits itu . Kebayakan sih semuanya pada ngobrol, bercanda, dan foto-foto . Oh iya, ada acara penghargaan lucu-lucuan segala buat para calon wisudawannya, dan ternyata saya dapat 2 penghargaan sebagai “Ternyubuh” (mahasiswa yang selalu datang paling awal di kelas ) dan “Terpampang Nyata” (mahasiswa yang paling aktif di kelas ). Huahahaha, dapat deh dua buket bunga~

Acara farewell party pun selesai pukul 22:00, sementara yang lain masih betah di sana, saya dan Awang memutuskan untuk pulang. Kondisi saya benar-benar lelah saat itu, soalnya flu dan batuk saya makin parah . Saya harus istirahat buat esok hari, karena keluarga saya bakal datang dari Bekasi untuk menghadiri acara wisuda lusanya . Semoga wisuda nanti berjalan lancar~

Salam,
Agung Rangga


catatan: tadinya mau nulis hingga wisuda, tapi karena kepanjangan jadi dilanjutkan ke tulisan berikutnya~

  1. Wow selamat Gung buat ternyubuh dan terpampang nyatanya…

    Aku termagrib kayaknya kalau ada penghargaan kek gini :V

    Balas

    1. ahahaha, maksih mbak momo~

      Balas

  2. selamt gung wisuad bentar lagi

    Balas

    1. saya sudah wisuda mbak bulan kemarin, hehe~ 😀

      Balas

        1. iya, terima kasih mbak~

  3. Jadi termotivasi… Untuk segerakan skripsi 😂

    Balas

    1. ayo, semangaaat!

      Balas

  4. selamat ya mas udah wisuda ….

    Balas

    1. terima kasih.

      Balas

  5. selamat ya

    Balas

    1. terima kasih.

      Balas

  6. selamat udah pesta dan makan2 😀 makin sukses ya. dan ditunggu karyanya

    Balas

    1. terima kasih mas Sandi~

      Balas

    1. terima kasih.

      Balas

  7. Ciehh koko abis wisudaa…..

    Makan-makan…..

    Balas

    1. hahaha, iya nih~

      Balas

  8. Selamat mas Agung. Membaca kisahmu, saya jadi teringat saat-saat saya masih kuliah dulu di kampus Bahasa Inggris Unpar, dan khususnya waktu wisuda sekitar tahun 2009. Memang banyak yang diurus/dipersiapkan sebelum wisuda, ikut gladi lah, bayar ini-itulah dst.

    Selamat Datang di dunia pasca kampus. Saya yakin orang smart seperti mas Agung pasti bisa menghadapi dunia selanjutnya: persaingan di dunia kerja.

    Balas

    1. terima kasih pak.

      Balas

  9. nggak kerasa ih…. time flies so fast
    kenal Agung dari sejak masih SMA, masih ingat cerita2 mau lanjut kuliah ke mana
    tau2 aja sekarang sudah sarjana
    selamat ya Gung

    Balas

    1. iya bun, gak kerasa banget~
      terima kasih ya bun~

      Balas

  10. Ter rajin nih agung :))

    Balas

    1. ahahaha, padahal aslinya nggak segitunya kok~

      Balas

  11. Selamat ya sudah diwisuda!! Hehehe 🙂

    Ah, “lucu” juga ya wajib menyumbang satu buku ke perpustakaan!!

    Balas

    1. terima kasih kak.
      iya nih, mungkin biar perpustakaan kampus nambah banyak koleksi bukunya~

      Balas

  12. Wah selamat atas kelulusannya mas

    Bisa fokus buat webtoon neh

    Balas

    1. terima kasih.

      Balas

  13. Lebih mudah sekarang ya Gung, skripsi cukup pakai CD aja. Dulu biaya cetak skripsi aja lumayan, hehehe…

    Nah, yang jadi pertanyaan saya juga kenapa harus bayar uang wisuda satu juta? Biaya segitu cukup mahal. Kalo ada perinciannya yang rasional mungkin masih bisa diterima.

    Balas

    1. iya pak, kampusnya sendiri gak ngasih tahu buat apa aja duit 1 juta itu…

      Balas

  14. Selamat yaaa akhirnya lulus … Selamat datang di dunia kerja yang kejam hehehe

    Balas

    1. terima kasih mas cumi~
      ah, jangan kejam-kejam dong~

      Balas

  15. wogh udah wisudaan aja, kayaknya baru kemarin baca tulisan sibuk nyusun eh kamu apa bukan ya yg sibuk nyusun.

    selamat yaaa, selamat bergabung di dunia yang lebih nyata..

    *mau ke postingan berikutnya

    Balas

    1. hahaha, makasih Bena~
      sekarang udah selesai kok nyusunnya~

      Balas

  16. Penghargaan ternyubuh dan terpampang nyata modal dari bukti komitmen dan kedisiplinan Gung loh, Selamat lanjut berkarya ya. Salam

    Balas

    1. iya bun, terima kasih.

      Balas

  17. ooh ternyata baru lulus ka, kemarin sempet ke buttons eatery juga ikut makan2 di farewell party anak 2012 hehe. sukses terus deh kak

    Balas

    1. eh, Rara panitianya ya?

      Balas

  18. Wah, angkatan 2012 juga? Sama atuh ya gung berarti 😀
    Tapi nasib taun kelulusannya beda ya ._.
    *mojok 😥

    Balas

    1. iya nih, hehe.
      sabar ya~

      Balas

  19. Senang yach ada acara perpisahan kayak gini. Rasa kebersamaan dengan teman-teman itu kerasa bangat. Jaman nya aku dulu nga ada acara perpisahan, yang ada sekarang ngajak ngumpul bareng aja susahnya minta ampun. Nyesel dech.

    Balas

    1. duh, sayang banget ya mbak…

      Balas

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s