Intermeso

5 Olahan Tepung Kentang Yang Enak

5 Olahan Tepung Kentang Yang Enak

Kuliner – 5 Olahan Tepung Kentang Yang Enak. Makan adalah salah satu kegiatan favorit saya. Tidak hanya makan besar seperti sarapan, makan siang atau pun makan malam, tapi makan cemilan juga sering saya lakukan. Kebanyakan, makanan yang saya konsumsi pasti mengandung unsur tepung di dalamnya. Seperti tepung gandum, tepung kentang, dan macam-macam. Kali ini saya ingin membahas lima makanan favorit saya yang terbuat dari tepung kentang.

1. Donat Tepung Kentang

Makanan pertama yaitu sebuah kue berbentuk lingkaran seperti cincin, yang terdapat sebuah lubang di tengahnya. Yap, donat tepung kentang! Mama dan adik saya Dewi pernah tuh bikin donat tepung kentang sendiri di rumah. Alasannya, ingin mencoba resep yang mereka temukan di internet katanya.

Kebetulan bahan-bahan donat ini mudah didapat, cukup belanja ke pasar terdekat saja. Setelah melalui beberapa kali percobaan, akhirnya mereka berdua sukses membuat donat tepung kentang yang enak. Rasanya gak kalah dong dengan donat-donat yang dijual di cafe mahal~ Apalagi kita bisa kreasikan topping donat sesuai selera, jadi makin mantap deh rasanya.

2. Pancake Tepung Kentang

Olahan dari tepung kentang kedua adalah pancake tepung kentang. Pancake yang biasanya terbuat dari tepung terigu, ternyata bisa juga dibuat dengan tepung kentang. Paling enak sih, makan pancake pas sarapan pagi. Selain mengenyangkan, pancake tepung kentang ini juga punya nilai gizi yang sangat baik buat tubuh. Oh iya, biar makin tambah enak, pancake ini bisa kita siram saus karamel atau madu.

3. Perkedel Tepung Kentang

Makanan yang satu ini biasanya terbuat dari kentang utuh, tapi ternyata bisa juga dibuat tanpa menggunakan kentang untuh lho! Yap, perkedel tepung kentang adalah solusinya~ Kalau tadinya mau buat perkedel harus mengolah kentang utuh dari nol (mencuci sampai bersih, mengukus biar lunak, dan mengulek biar halus), dengan menggunakan tepung kentang kita bisa bikin perkedel yang lebih praktis. Rasanya tidak jauh berbeda dibanding menggunakan kentang asli, dan bisa dinikmati sambil dicocol sambal pedas~

4. Kue Lumpur Tepung Kentang

Awal mendengar nama makanan yang satu ini, yang terbayang di benak saya adalah kue berbentuk agak cair seperti lumpur. Ternyata salah besar, karena salah satu jenis jajanan basah ini memiliki bentuk yang imut dengan tekstur yang lembut. Kue lumpur tepung kentang cocok banget dimakan sambil minum teh di sore hari.

5. Kroket Tepung Kentang

Makanan terakhir yang menurut saya enak banget adalah kroket tepung kentang. Kroket ini bisa dikreasikan dengan isian bermacam-macam, mulai dari daging cincang, sayuran yang dipotong kecil-kecil, hingga isi keju yang meleleh pas dimakan! Makan kroket sih paling lezat dengan menggigit sebuah cabai rawit, atau dengan saus sambal yang pedas.


Oh iya, jika kamu ingin membuat salah satu dari lima makanan di atas, kamu bisa mencoba tepung kentang merek Windmill buatan Meelunie. Dikutip dari situs resminya, Meelunie merupakan perusahaan Belanda yang berdiri sejak tahun 1867. Meelunie sudah dikenal sebagai pemasok global produk-produk berkualitas tinggi untuk jenis starch (tepung pati), sweetener (pemanis) serta tepung protein. Starch atau pati merupakan komponen bahan makanan yang penting, karena hampir seluruh bahan makanan pokok seluruh manusia selalu memiliki kadar pati yang tinggi.

Corn Starch & Potato Starch
Corn Starch & Potato Starch [sumber: markaindo.co.id]

Produk-produk Meelunie yang sudah cukup terkenal di Indonesia antara lain corn starch dan potato starch merk Windmill. Keduanya telah banyak digunakan oleh industri makanan di Indonesia, karena kualitasnya cukup tinggi dengan harga yang relatif bersaing. Semoga ulasan makanan olahan tepung kentang ini dapat menambah wawasanmu ya~ Terima kasih sudah membaca!

Salam,
Agung Rangga


Catatan: tulisan ini adalah sponsored post.

Iklan

10 comments on “5 Olahan Tepung Kentang Yang Enak

  1. aku suka perkedel tp belum pernah pake tepung

  2. aku pernah nyobain pancake tepung kentang, rasanya enak pakai banget… pengen beli lagi jadinya…

  3. kapan2 praktik panca ke kentang ah

  4. Dari 5 olahan dari tepung di atas, cuma no 1, 2 dan 3 yang saya familiar.

    Oya, ngomongin soal tepung, saya jadi ingat rencana saya yang gak kesampaian sampai saat ini, yakni membuat keripik kelakai. Tepung terigu yang saya beli itu kini sudah dipakai mama untuk membuat kuliner lainnya, awalnya utk bahan keripik itu.

Apa pendapatmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: